Italia Dakwa Lebih dari 40.000 Orang Langgar Kuncian

Roma, MINA – Pihak berwenang telah mengajukan tuntutan terhadap lebih dari 40.000 orang karena melanggar kuncian yang diberlakukan untuk membendung baru (COVID-19), menurut angka dari Kementerian Dalam Negeri.

Di saat jutaan orang Italia telah tinggal di rumah sejak 9 Maret dan Perdana Menteri Giuseppe Conte memberlakukan karantina nasional, sebagian kecil penduduk melanggar peraturan yang mewajibkan warga negara untuk keluar hanya jika benar-benar diperlukan, seperti untuk pekerjaan, kesehatan alasan terkait atau belanja bahan makanan.

Italia melaporkan kenaikan kematian harian terbesar pada Rabu (18/3) dengan 475 kematian baru. Negara itu sekarang memiliki 35.713 kasus, mendekati setengah dari total Cina yang mencapai 81.102, demikian The Guardian melaporkan.

Polisi menghentikan dan memeriksa 700.000 warga antara 11 hingga 17 Maret, 43.000 di antaranya terbukti melanggar keputusan tersebut, yang juga memerintahkan penutupan toko, bar, restoran, pusat kebugaran, dan kolam renang.

Salah satu kasus paling serius terjadi di Sciacca, Sisilia, ketika seorang pria yang dinyatakan positif COVID-19 ditemukan oleh polisi sedang berbelanja, meskipun ada perintah ketat untuk mengisolasi diri di rumah.

Jaksa membuka penyelidikan dan menuduh pria itu “membantu epidemi”. Jika terbukti bersalah, ia bisa menghadapi 12 tahun penjara. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.