IZI Gandeng Pencipta Lagu Religi Ajak Masyarakat Bantu Pangan Muslim di Pelosok

Jakarta, MINA – Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia () menggandeng Muhammad Istiqamah Djamad atau biasa disapa “Mas Is” selaku Penyanyi dan Penulis Lagu untuk menyukseskan program tahunan IZI yaitu “Booking Berkah .”

Kolaborasi tersebut menghasilkan Jingle Booking Berkah Ramadhan sebagai ajakan kepada masyarakat untuk ikut berbagi melalui program Booking Berkah Ramadhan 1443 guna memenuhi kebutuhan pangan fakir, miskin, dan dhuafa di daerah terpencil.

Peluncuran Jingle Program Booking Berkah Ramadhan 1443 H digelar secara virtual, Jumat (11/3), dihadiri Direktur Utama IZI Wildhan Dewayana, General Manager Zakat Funding Pusat IZI Muhamad Ardhani dan Muhammad Istiqamah Djamad selaku Penyanyi dan Pencipta Lagu.

“Melalui media karya seni ini semoga program Booking Berkah Ramadhan 1443 H IZI akan cepat tersebar luas di masyarakat untuk kemudian secara bersama-sama membawa berbagai kebermanfaatan khususnya dalam menyambut bulan penuh berkah,” kata Wildhan Dewayana.

Ðia juga mengharapkan program ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi meningkatkan amal ibadah sesuai perannya masing-masing dalam mengajarkan kemanfaatan karya dan pengabdian bagi diri kita, keluarga, umat, bangsa dan agama.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam program ini dengan mempercayakan amanah zakat, infaq, sedekah, dan wakafnya melalui LAZNAS IZI,” tambah Wildhan.

Penyanyi dan Pencipta Lagu Jingle Program Booking Berkah Ramadhan 1443 H, Muhammad Istiqamah Djamad atau sering disapa “Mas Is” mengatakan, lagu ini tidak hanya bisa jadi sumber inspirasi, melainkan mampu memotivasi diri agar terus memberi dan berbagi kepada orang yang membutuhkan bantuan.

“Proses pembuatan lagu ini cepat sekali, dan diangkat dari tagline IZI memudahkan dimudahkan di mana core value-nya memudahkan saudaramu dimudahkan urusanmu dan karena saya sudah tahu goals-nya ini adalah keindahan dalam berbagi, saya juga sering ke daerah pelosok dan melihat langsung kondisi masyarakat di daerah itu bagaimana,” ujarnya.

Dia menjelaskan, lirik lagu ini ada yang dikutip dari Hadist dan Al-Quran, dimana dari lagu ini juga ingin mengingatkan darimana harta yang kita dapat, dan apakah membawa keberkahan bagi kita.

“Terakhir saya ingin mengingatkan untuk jangan pernah takut dalam berbagi,” tuturnya.

Sementara General Manager Zakat Funding Pusat IZI Muhamad Ardhani melaporkan program Booking Berkah Ramadhan 1443 H yang sudah diluncurkan sejak 17 Februari lalu.

Program ini menyediakan berbagai kanal penyaluran berupa rehabilitasi mushala di wilayah tertinggal di Indonesia, zakat fitrah serta paket berbuka bagi kaum fakir dan miskin dan paket anak sholeh untuk anak yatim.

Selain itu, masih ada kesempatan untuk berbagi kepada masyarakat muslim di daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal) dengan program IZI Booking Berkah Ramadhan ini  diantaranya abon IZI, paket sebar Al-Quran, beras binaan program IZI, dan paket Ramadhan (sembako) yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan lain-lain.

Ardhani melaporkan, jumlah total paket terkumpul pada program Booking Berkah Ramadhan 1443 H per 11 Maret 2022, yakni 1.303 paket, dengan total dana yang terkumpul Rp. 418.275.476.

“Target penerima manfaat dalam program tahun ini sebanyak 50.000 jiwa yang akan disebar di 150 titik di seluruh Indonesia, termasuk wilayah bencana, daerah 3T dan negara tetangga,” jelasnya.

Daerah penyebaran manfaat termasuk daerah 3 T yakni Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Desa Kebayaken, Kabupaten Karo, Sumatera Utara; Kampung Mualaf Baduy, Banten; Desa Mekkatta, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat; dan lainnya.

Selain itu juga program ini akan disalurkan ke wilayah negara tetangga dunia Islam, seperti Timor Leste dan Kamboja.

“Rencana kegiatan pendistribusian paket Ramadhan dan pelaksanaan benah Mushola ini akan dimulai pada 22 Maret nanti hingga awal April,” pungkasnya.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)