Jalur Merak-Bakauheni, Kemenhub Tambah 5 Dermaga Pelabuhan Ciwandan Saat Mudik Lebaran

Jakarta, MINA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sebanyak lima dermaga akan ditambahkan di , Banten, pada tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak.

Pihaknya meminta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mempersiapkan kedua pelabuhan itu dengan baik.

“Merak-Ciwandan insyaAllah karena ada tambahan lima dermaga di sana. Kami akan kontrol, saya akan mengamati, karenanya saya minta ASDP mempersiapkan dengan baik,” kata Budi di Gedung DPR, Selasa (4/4)

Budi mengatakan lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan itu akan melengkapi tujuh dermaga Pelabuhan Merak sehingga V/C ratio atau perbandingan volume dengan kapasitas tidak akan sampai 0,6, yang artinya tidak ada penumpukan pemudik.

Sementara untuk mudik melalui jalur darat, Kementerian Perhubungan memetakan Tol Cipali menjadi titik yang paling berpotensi terjadi penumpukan pemudik. Maka dari itu, Korlantas Polri menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan saat mudik.

“Nanti kami akan informasikan bersama Jasa Marga hari-hari itu (rekayasa lalu lintas),” kata Budi.

Di lain sisi, Budi mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan motor karena berpotensi tinggi mengalami kecelakaan. Ia mengatakan pemerintah, BUMN, dan swasta sebenarnya sudah menyediakan program mudik gratis untuk mengurangi jumlah pemudik menggunakan motor, tetapi tetap tidak mencukupi.

“Sekali lagi dengan kerendahan hati kami mengimbau masyarakat tidak pulang dengan motor,” kata Budi. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.