Jamal Khashoggi Dikenang dalam Tayangan di Super Bowl

Washington,  MINA – Mendiang jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi yang dibunuh dikenang dalam klip suratkabar The Washington Post yang ditayangkan perdana di Super Bowl LIII pada Ahad (4/2), yang bertujuan menampilkan para jurnalis suratkabar itu  dan bahaya yang mereka hadapi.

Klip durasi 60 detik, disertai narasi oleh aktor Tom Hanks,  mengudara pada kuarter keempat pertandingan, sesaat sebelum peringatan dua menit, kata suratkabar itu.

Tayangan ini menyajikan foto-foto dari jurnalis-jurnalis yang  berafiliasi dengan The Washington Post , dan outlet berita lainnya, termasuk Khashoggi, yang adalah kolumnis untuk koran tersebut, demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

Ditampilkan juga antara lain wartawan lepas Austin Tice yang telah hilang di Suriah selama lebih dari enam tahun.

“Super Bowl adalah momen luar biasa untuk mengakui keberanian dan komitmen para jurnalis di seluruh dunia yang sangat penting bagi demokrasi kita,” kata Fred Ryan, penerbit dan CEO The Washington Post.

“Kami memutuskan untuk mengambil kesempatan ini sebagai momen penting dalam kampanye demokrasi kami yang sedang berlangsung,” lanjutnya.

Khashoggi, kolumnis Washington Post yang menulis secara kritis tentang Putra Mahkota Mohammed bin Salman, terbunuh di dalam Konsulat Jendral Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, diduga atas perintah kerajaan.

CIA percaya Putra Mahkota Mohammed bin Salman memerintahkan operasi untuk membunuh Khashoggi dan mengatakan, tubuhnya dipotong dan dipindahkan ke lokasi yang belum diketahui publik dan jasadnya belum ditemukan sampai saat ini. (T/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)