Jelang Idul Fitri, JES Salurkan Paket Sembako untuk Masyarakat

Jakarta, MINA – Menjelang lebaran Idul Firti, Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) mendistribusikan paket dengan bagian meringankan beban masyarakat yang terdampak ekonominya akibat wabah Corona Virus Disease (Covid).

“Sebanyak 80 paket sembako diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek),” kata Ketua JES, Kristopo dalam siaran tertulis di Jakarta, Ahad (10/5).

Ia mengatakan, dampak krisis ekonomi disebabkan wabah Covid-19 masih terasa masyarakat dalam membeli barang kebutuhan sehari-hari yang terus meningkat harganya, sedangkan penghasilan tidak sesuai yang diharapkan.

“Di sisi tingkat pengangguran terus meningkat akibat adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan di beberapa perusahaan menambah penderitaan masyarakat akibat efek negatif wabah Covid-19 ini,” kata Kris.

Sekumpulan jurnalis yang menamakan diri Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) beninisiatif meringankan beban masyarakat yang terdampak ekonominya dengan membagikan paket sembako. Sebanyak 80 paket sembako diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Kami melihat dampak wabah covid-19 masih terasa di masyarakat, terutama bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang bekerja pada sektor non formal, mereka masih merasakan penderitaan ini.

Daya beli mereka berkurang karena penghasilan yang tidak menentu setiap hari akibat dari wabah covid-19. Selain itu, dampak PHK bagi karyawan yang perusahaannya melakukan pengurangan karyawan menambah penderitaan lagi bagi masyarakat.

Melihat kenyataan tersebut kami berinisiafif membantu mengurangi beban mereka dengan memberi paket sembako,” kata Kristopo.

Kristopo menambahkan, pemberian paket sembako ini bertepatan akhir bulan suci dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Semoga sembako bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

JES mendistribusikan paket sembako tahun ini merupakan pembagian yang kedua. Tahun lalu JES juga membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Jabodetabek.

Baksos JES tahun 2021 ini berkat dukungan Bank Syariah Indonesia (BSI), Adira Insurance, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat, BCA Syariah, Yayasan Hasanah Titik, Bank Syariah Bukopin dan Universitas Azzahra.

JES merupakan perkumpulan wartawan yang meliput kegiatan ekonomi syariah. Semua kegiatan ekonomi syariah baik di Jakarta maupun di kota lain menjadi obyek liputan JES. JES berdiri 6 November 2010, di Jambu Luwuk, Bogor, Jawa Barat. Pendirian JES bersamaan dengan acara Media Gathering yang dilakukan BNI Syariah (saat ini telah merger dengan Bank Syariah Mandiri dan BRI Syaiah menjadi BSI). (R/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.