Jelang PON XX, Presiden Perintahkan Percepatan Vaksin Covid-19 untuk Atlet dan Masyarakat Papua

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap para atlet yang akan bertanding di Pekan Olaharaga Nasional (PON) XX Papua.

Selain itu, Presiden juga meminta vaksinasi Covid-19 diprioritaskan terhadap masyarakat Papua yang berada di sekitar venue dan lokasi akomodasi PON XX.

“Tadi sudah dibahas dan mendapatkan arahan Bapak Presiden, adalah vaksin. Vaksin yang harus disegerakan kepada seluruh atlet dari seluruh kontingen dan juga vaksin untuk masyarakat di sekitar. Baik itu (sekitar) venue maupun akomodasi,” ucap Menpora saat memberikan keterangan pers virtual usai rapat terbatas yang diikuti MINA pada Selasa (13/7) siang.

Selain itu, Presiden meminta pelaksanaan vaksinasi dimasifkan dan kuota vaksin Covid-19 ditambah untuk Papua.

“Akan diperkirakan bulan Agustus selesai semua divaksin,” katanya.

PON XX akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 15 Oktober 2021 mendatang. PON XX dilakukan di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Adapun, cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 37 cabang.

“Diikuti oleh lebih dari 6.400 atlet dan ada 3.500 lebih official yang berpartisipasi,” tambahnya.

Pemerintah sendiri belum memutuskan apakah PON akan digelar tanpa penonton atau dengan penonton terbatas. Keputusan tersebut akan diambil pada September nanti menjelang digelarnya PON.

“Untuk pelaksanaan pertandingannya sendiri masih akan diputuskan pada bulan September apakah tanpa penonton atau menggunakan penonton terbatas, sebagian. Itu belum diambil keputusan pada rapat terbatas tadi, karena kita sedang melihat, memantau perkembangan dari Covid itu sendiri,” kata Menpora. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)