JK  Resmikan Main Media Center Asian Games 2018

Jakarta, MINA – Dua hari jelang upacara pembukaan Jakarta-Palembang diwarnai dengan peresmian (MMC), sebuah sarana pusat informasi bagi awak media yang akan meliput perhelatan ajang olahraga terbesar di benua Asia tersebut.

MMC diresmikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), acara juga dihadiri Wakil Presiden Kehormatan Komite Olimpiade Asia (OCA) Wei Jizhong, Ketua Komite Media OCA Charles Lo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Eris Heriyanto dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

“Perhelatan akbar ini tidak akan berhasil bila hanya sedikit yang mengetahui informasi atas setiap kegiatan di dalamnya,” kata Wapres JK saat peresmian MMC di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (16/8).

Dia menyatakan, diperkirakan 4 miliar pasang mata akan menikmati kegiatan-kegiatan Asian Games. Tentu fungsi MMC sangatlah penting untuk membantu penyebaran informasi ke seluruh dunia.

Sekjen INASGOC Eris Heriyanto menjelaskan, Main Media Center (MMC) sendiri terdiri dari Main Press Center (MPC) yang lebih spesifik kepada wartawan cetak dan media online, kemudian International Broadcasting Center (IBC), yang ditujukan kepada awak media televisi.

Dia mengatakan, di MMC yang terletak di JCC ini akan mengakomodir sekitar 10.000 awak media yang telah terakreditasi untuk Asian Games. Secara keseluruhan, MMC akan digunakan sebagai tempat bekerja bagi para wartawan tersebut sepanjang Asian Games 2018.

“Buat wartawan jelas kami siapkan fasilitas terbaik. Jadwal pertandingan, eksebisi dan festival tentu kami sediakan. Internet kencang bahkan makanan dan minuman selalu tersedia di MMC. Murni karena peran media sangatlah panting dalam kesuksesan Asian Games 2018. lni bentuk kolaborasi kita bersama,” jelasnya.

Setiap harinya, MMC beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 12 dini hari untuk melayani kebutuhan para wartawan. Lebih dari 100 relawan dikerahkan untuk mendukung operasional MMC. ”Fasilitas ini sesuai dengan standar darli OCA. Tentunya banyak pihak yang berpartisipasi di sini, salah satunya Telkom yang menyediakan akses linternet yang cepat untuk awak media,” tambah Eris.

Ia menegaskan bahwa yang memiliki akses untuk menikmati fasilitas tersebut hanya wartawan yang terakreditasi untuk Asian Games, termasuk Kantor Berita MINA. ”Tingkat keamanannya ketat untuk masuk ke MMC. Jadi mohon maaf untuk rekan media yang tidak terakreditasi, silahkan mencari tempat alternatif untuk bekerja selama di GBK,” pungkas Eris.

Pada acara ini, juga diadakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Lotte Chemical Corporation sebagai salah satu official supplier dengan INASGOC, yang masing-masing ditandatangani oleh CEO Lotte Chemical Corporation, Gyohyun Kim dan Sekjen INASGOC Eris Heriyanto. (L/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.