Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI Ke-76 di Istana Merdeka

Foto: wapresri.go.id

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (05/10/2021).

Hadir Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin yang turut mendampingi Presiden. Upacara dimulai dengan penghormatan kepada Presiden dan Wakil Presiden yang dilanjutkan dengan lantunan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga oleh perwakilan prajurit.

Upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari memakai masker serta menjaga jarak.

Hal berbeda tampak pada tahun ini, yaitu adanya pameran sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di sekitar Istana Merdeka Jakarta.

Usai upacara, dan Ibu Iriana beserta Wapres K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meninjau pameran alutsista.

“Dalam rangka hari ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini,” ujar Jokowi.

Adapun beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personnel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Selain itu, ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Presiden berharap adanya pameran alutsista ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai peralatan alutsista yang dimiliki oleh TNI, khususnya peralatan yang jarang diketahui seperti peluncur roket Astros (Artillery Saturation Rocket System).

“Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu bahwa kita misalnya telah memiliki Astros. Astros ini sebanyak 56, ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km,” ujarnya.

Hadir sejumlah pejabat negara, seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo. (R/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.