Jokowi Siapkan Ratusan Jabatan Baru untuk Perwira Tinggi TNI

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo () mengatakan, pemerintah berencana akan menambah jabatan baru untuk para perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai bentuk dukungan bagi profesionalisme TNI.

“Pemerintah terus berkomitmen mendukung profesionalisme TNI. Pemerintah juga telah menambahkan 60 jabatan perwira tinggi baru untuk mengoptimalkan peran prajurit,” kata Jokowi dalam amanatnya pada Upacara ke-74 di , Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Jokowi akan menyiapkan ratusan jabatan baru untuk perwira berpangkat kolonel dan ratusan jabatan baru juga untuk para perwira tinggi. Pemerintah saat ini harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI.

“Rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain penambahan jabatan baru, Jokowi juga berjanji akan menambah anggaran pertahanan dan tunjangan kinerja TNI pada 2020. Hal itu dilakukan agar alutsista Indonesia mencapai kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF).

Jokowi mengatakan, kenaikan anggaran ini adalah bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi angkatan bersenjata. Pemerintah juga akan menyiapkan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun.

TNI hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 di Pangkalan Udara (Lanud) Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, mengusung tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. Upacara dimulai pukul 08.00. Bertindak Komandan Upacara adalah Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto.

Kekuatan Pasukan Parade berjumlah 6.806 personel terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan 60 personel. Kekuatan Pasukan Defile dan Alutsista terdiri dari Defile POM TNI (48 Personel, 24 Unit Alutsista), Defile Matra Darat (1.172 Personel, 415 Unit Alutsista), Defile Matra Laut (522 Personel, 116 Unit Alutsista), Defile Matra Udara (259 Personel, 58 Unit Alutsista).Dipimpin oleh Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad) selaku Komandan Defile.

Sedangkan demonstrasi keterampilan prajurit terdiri dari Kolone Senapan, Bela Diri Militer dan Tari Perang Garuda, Terjun Payung, Demo Udara (Fly Pass, BTU, Tempur Udara & Composite Strike, Jupiter Aerobatic, Boms Burst). Adapun pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit milik TNI AD, TNI AL dan TNI AU. (L/R06/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.