MER-C Apresiasi Keputusan Gubernur Bali Tolak Kehadiran Timnas Israel

Jakarta, MINA – dr. menyambut langkah tegas Gubernur Bali Wayan Koster menolak kedatangan Tim Nasional Sepak Bola Israel pada gelaran 20 Mei-11 Juni 2023.

“Saya salut dengan Gubernur Bali yang secara tegas menolak untuk tanding di Bali. Ini langkah tepat. Kontitusi dan anti penjajahan menjadi dasar penolakan terhadap Timnas israel,” ujar Sarbini, Selasa (21/3).

“Saya pikir Presiden bisa memperhatikan ini. Ketegasan Gubernur Bali bisa diikuti oleh gubernur-gubernur yang lain sehingga bisa menguatkan Presiden dalam bertindak. Penolakan kita ke Timnas israel bukan berarti kita anti Yahudi. Ini catat ya kita karena Israel bangsa penjajah, bangsa apharteid ke ,” kata Sarbini.

“Kita bangsa yang lama di jajah Belanda dan Jepang maka kita mesti kobarkan semangat anti penjajah. Kalau Indonesia memberi izin ke Timnas Israel dengan dalih apapun, berarti kita kalah dengan bangsa penjajah,” tegasnya.

Gubernur Bali Wayan Koster mengirimkan surat kepada Zainudin Amali untuk menolak Timnas Israel bertanding di Bali.

Dalam surat yang beredar bernomor T.00.426/11470/SEKRET dan dikirimkan pada Selasa (14/3/2023), ia menyampaikan kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak sesuai dengan kebijakan politik Pemerintah Indonesia dan sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional. Indonesia juga tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Bali menjadi salah satu tempat yang rencananya akan digunakan pada Piala Dunia U-20 bersama Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Piala Dunia U-20 diikuti 24 peserta, di antaranya: perwakilan negara Afrika: Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia. Perwakilan negara Concacaf: Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat. Perwakilan negara Amerika Selatan: Brasil, Kolombia, Ekuador, Uruguay. Perwakilan Oseania: Fiji, Selandia Baru. Perwakilan negara Eropa: Italia, Inggris, Prancis, Israel, Slovakia. Perwakilan negara Asia: Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, Irak, dan tuan rumah Indonesia. (L/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.