Kemenag: Jamaah Umrah, Korban Penipuan Agen Travel, Sudah Tiba di Tanah Air

Jakarta, MINA – Juru bicara (Jubir) Kementerian Agama (Kemenag) Anna Hasbie mengatakan, para korban Agen Travel PT NDWM sudah kembali ke Tanah Air semuanya.

“Kabar terakhir sudah pulang semua. Polisi telah menangkap pemilik agen travel umrah PT NSWM yang melakukan penipuan hingga jemaah terlantar di Arab Saudi,” ucap Anna saat dikonfirmasi, Rabu (29/3) Jakarta, demikian keterangan yang diterima MINA.

Ia mengatakan, Kemenag awalnya menerima informasi adanya jamaah yang terlantar di Saudi pada tahun lalu. Saat itu, Kemenag langsung berkoordinasi dengan Polri hingga KJRI.

“Jadi, tim pengawas Kemenag kan melibatkan berbagai pihak, seperti Polri, PPATK, KJRI. Ketika kami mendapat laporan ada jemaah yang tidak dapat pulang, kami berkoordinasi dan memberi pendampingan. Pihak Kemenag menuntut PT NSWM ini untuk ikut memulangkan jamaah,” katanya.

Lebih lanjut, Anna mengatakan para jamaah dipulangkan secara bertahap. Mereka dipulangkan dalam jangka waktu November 2022 hingga awal tahun 2023.

“Pemulangan bertahap. Sejak November 2022 sampai awal 2023,” ujarnya.

Sebelumnya, Satgas Antimafia Umrah Polda Metro Jaya mengungkap penipuan agen travel PT NSWM yang diduga menipu jamaah umrah dengan total kerugian sekitar Rp 100 miliar. Agen perjalanan umrah tersebut banyak menyasar para pedagang untuk dijadikan korban.

Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Quratul Aini, yang juga tim Satgas Antimafia Umrah, mengatakan dengan kisaran harga Rp 30-38 juta, para pedagang tersebut dijanjikan paket umrah dan wisata Dubai

“Selama ini ke para pedagang yang ditawari paket umrah. Selama ini yang ditawari umrah plus wisata di Dubai jadi tertarik,” kata Ratna kepada wartawan, Rabu (29/3).

Selain itu, mereka memanfaatkan relasi keluarga korban. Mereka menjanjikan gratis biaya satu orang umrah jika berhasil menggaet sembilan orang lainnya.

“Mereka rata-rata mengincar keluarga, jadi biasanya iming-iming, apabila bisa mengajak sembilan orang, bisa gratis satu. Rata-rata mengajak bapak, ibu, atau keluarga. Kemudian ikut mendaftar,” ujarnya. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.