Kemendikbudristek Ramaikan Pameran Teknologi Hannover Messe 2023 di Jerman

Jakarta, MINA– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI ikut berpartisipasi dalam acara Hannover Messe 2023 yang akan digelar pada 17-21 April 2023 di Jerman.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Kemitraan  dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kemendikbudristek, Uuf Brajawidagda mengatakan, Hannover Messe 2023 itu adalah pameran yang diselenggarakan secara tahunan, dan pameran  itu rutin diselenggarakan sejak tahun 1947. Hannover Messe 2023 menarik minat 736 ribu pengunjung investor dari 53 negara.

Tahun ini diselenggarakan pada 17-21 April 2023 dan rencananya Presiden Joko Widodo akan  hadir, karena Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023.

Pemerintah Indonesia menugaskan  Kemenperin untuk mengorganisasi semua dan Kemendikbudristek menjadi salah satu peserta dalam pameran tersebut. Peran Indonesia sebagai partner country, Indonesia ingin mengenalkan tentang pengembangan dan potensi sektor industri di Indonesia melalui implementasi Industri 4.0.

Baca Juga:  Obat-obatan yang Harus Dibawa Saat Berangkat Haji

Dalam Hannover Messe 2023 Kemendikbudristek akan menampilkan produk, tapi produk tersebut tidak hanya dipahami sebagai produk saja tetapi produk tersebut merepresentasikan transformasi pendidikan yang terjadi di Indonesia.

“Dimana transformasi pendidikan
tersebut mengarah ke lpendidikan yang lebih terbuka menggandeng semua pihak, berorientasi  pada siswa dan  lain sebagainya,” papar Uuf pada acara temu media dalam rangka keikutsertaan Indonesia dalam Pameran Hannover 2023, Kamis (13/4/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Tipri Rose Kartika menyampaikan, pada Hannover Messe 2023 ini, Polimedia akan menampilkan hasil riset terapan hasil dari kolaborasi dari mahasiswa, dosen dan industri yaitu packaging atau pengemasan  berbahan dasar nata de coco.

Baca Juga:  Bus Rombongan Siswa SMK Depok Kecelakaan di Subang

Menurutnya packaging berbahan  dasar dari air kelapa ini menjaga kualitas produksi. Sebab, nata de coco memiliki sifat menyerap kelembaban. Untuk makanan kering, packaging dari nata de coco daya simpannya lebih lama dan lebih renyah.

Selain packaging berbahan dasar  nata de coco, Polimedia  juga akan mengenalkan vernis dari minyak kelapa sawit,  dan ini lebih ramah lingkungan.

“Dengan hasil riret terapan ini kami  ingin memberikan  solusi bagi dunia usaha dan dunia industri (DUDI), masyarakat  dan kelestarian lingkungan,” terangnya.

Di tempat yang sama Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Kiki Yuliati mengatakan, pameran Hannover Messe 2023 memberikan pembelajaran dan pendidikan yang tidak diperoleh  di sekolah dan kampus.

Baca Juga:  Kemenag Rilis Logo MTQ Nasional XXX 2024

“Bagi peserta yang berangkat ada proses pembelajaran dan kesempatan membangun jaringan internasional,” paparnya.

Ia menambahkan, peserta yang mewakili Kemendikbudristek adalah mereka sudah melalui penilaian berlapis, dari mental, kesabaran hingga ketelitian, dan mereka memiliki daya saing,” ujarnya. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)