KENYA PROMOSIKAN TENTARA WANITA MUSLIM PERTAMA BERPANGKAT BRIGADIR

Fatuma Ahmed (tengah) wanita Muslim Kenya pertama yang menempati pangkat brigadir. (Foto: dok. Hekaheka.com)
Fatuma Ahmed (tengah) wanita Muslim pertama yang menempati pangkat brigadir. (Foto: dok. Hekaheka.com)

Nairobi, 1 Dzulqa’dah 1436/15 Agustus 2015 (MINA) – Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mempromosikan seorang wanita Muslim menjadi berpangkat brigadir (sama dengan brigadir jendral, perwira tinggi, kalau di RI), di militer negara itu.

Wanita muslim itu, Fatimah Ahmed, tidak hanya seorang brigadir wanita muslim pertama dalam sejarah negara itu, tapi dia juga wanita pertama di militer Kenya yang berpangkat setinggi itu.

Ia telah mengabdi di tentara Kenya selama 32 tahun. Dia pertama kali terdaftar di militer pada 1983, mengabdi di Korps  Wanita, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu (15/8).

Dia dipromosikan ke pangkat letnan dua pada tahun 1985, ketika ia mulai ditugaskan di Angkatan Udara Kenya.

“Anda berdiri di garis depan dalam membela negara kita,” kata Presiden Kenyatta setelah mempromosikan Fatimah bersama 14 perwira tinggi lainnya dalam upacara pelantikan.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk melakukan segala daya kami, untuk menjaga kesejahteraan mereka yang mempertaruhkan nyawanya dalam bahaya untuk membela kami semua,” ujar Presiden kepada perwira-perwira itu. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0