KH Abul Hidayat: Islam Agama Cinta Damai Bukan Teror

Bogor, 2 Dzulhijjah1437/4 September 2016 (MINA) – KH , salah satu Pembina Pondok Pesantren Al-Fatah Indonesia, dalam tausiyahnya mengatakan, Islam adalah agama yang mengajarkan cinta damai, bukan menebar teror.

Ustadz Ahi, begitu biasa disapa, mengatakan hal itu pada Kajian Ilmiah Syubban/Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah)  bertema “Penghayatan Hidup Berjamaah dan Berimamah Bagi Para Kader Penegak Khilafah” di Masjid At-Taqwa Kompleks Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Ahad (4/9).

Ia menyebutkan, Islam itu maknanya damai, selamat, tunduk dan pasrah, “Jika ingin damai dan selamat, ya amalkan Islam,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa Islam adalah agama cinta damai, Islam bukan agama teroris, karena Islam bersifat ketuhanan. Islam datang dari Allah, bukan hasil pemikiran manusia dan bukan ideologi politik, jelasnya.

Karenanya, beda antara Islam dengan organisasi ideologi manusia yang mengatasnamakan Islam, lanjutnya.

Namun, baginya yang jauh lebih penting adalah umat Islam itu sendiri harus hidup berjamaah, bersatu. Sebab ini sesuai fitrah manusia sebagai makhluk sosial dan berjamaah adalah syariat yang terdapat dalam Al-Qur’an.

“Tidak mungkin manusia bisa hidup sendiri, karena manusia hidup itu saling memerlukan,” tegas Ustadz Ahi.

Ia juga menambahkan, penegakkan syariat Islam dibangun berdasarkan persaudaraan kaum Muslimin. Berbeda dengan politik yang dibangun atas dasar kekuasaan atau kerajaan.

“Saat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam membangun Jama’ah Muslimin di Madinah, yang Rasul bangun adalah masjid, bukan istana. Kemudian Rasul mempersaudarakan umat dengan dasar ukhuwah Islamiyyah dan menggerakkan shalat fardhu lima waktu dengan berjamaah.” (L/P006/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.