Komisi I DPR Pastikan Rekam Jejak 13 Calon Dubes Indonesia Tak Ada Masalah

Gedung DPR RI. (Istimewa)

Jakarta, MINA – Komisi I RI selesai melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 13 calon Duta Besar (Dubes) pada Rabu (1/2).

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid memastikan, track record calon dubes tidak ada masalah dengan penempatan negaranya masing-masing. Adapun, kata dia, keputusan resminya disampaikan tertutup.

“Ini kan rata-rata hampir seluruhnya memang karir ya. Jadi kita sudah pastikan track record-nya, kita sudah kenal penempatan wilayahnya, kita rasa tidak terlalu ada masalah,” ujar Meutya dalam keterangannya yang dikutip MINA, Jumat (3/2/2023).

Setelah fit and proper test kemarin, Meutya mengungkapkan, Komisi I DPR langsung mengirim surat ke pimpinan DPR yang kemudian diteruskan kepada Presiden Jokowi secara tertutup dan rahasia.

“Berjalan lancar. (Dinamikanya) biasa saja,” jelas Meutya.

Adapun daftar nama calon dubes RI yang telah menjalani uji kelayakan di Komisi I DPR RI sebagai berikut Acmad Rizal Purnama untuk Turki, I Gede Ngurah Swajaya untuk Konfederasi Swiss, Grata Endah Wedaningsih untuk Laos, Saud Purwanto Krisnawan untuk Afrika Selatan, Santo Darmo Susanto untuk Kamboja.

Kemudian, Acmad Ubaedillah untuk Brunei Darussalam, Sulaiman untuk Argentina, Arief Basalamah untuk Ukraina, Ricky Suhendar untuk Peru, Meidyatama Suryadiningrat untuk Romania, Trias Kuncahyono untuk Vatikan, Teuku Faizasyah untuk Kerajaan Norwegia, Dupito Simamora untuk Fiji. (R/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.