Komisi VIII: RS Mitra Keluarga Tak Miliki Fungsi Sosial

Jakarta, MINA – Rumah Sakit Mitra Keluarga di Kalideres, Jakarta Barat dinilai tak memiliki fungsi sosial dalam memberi layanan kesehatan bagi masyarakat. RS ini harus dievaluasi izin operasionlanya menyusul kematian yang tidak mendapat penanganan medis memadai, karena persoalan biaya pasien.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong usai memimpin rapat kerja di ruang Komisi VIII DPR RI, Senin (11/9). Ia menyesalkan kejadian itu. Sebagai mantan direktur sebuah RS, Ali mengaku paham betul fungsi RS. Selain fungsi layanan medis, RS juga punya fungsi sosial yang tidak boleh dilupakan.

“Dalam keadaan emergency, tidak boleh ada RS yang menolak pasien, karena itu diatur dalam UU tentang Kesehatan dan UU tentang RS. Menurut pandangan saya, RS yang menolak itu adalah RS yang tidak memiliki sense of humanity, tidak memiliki kepedulian sosial,” ujarnya. Demikian keterangan pers DPR RI yang dikutip MINA.

Baca Juga:  Wanita Al-Irsyad Serukan Boikot Produk-Produk Israel

Ali menyerukan pemerintah daerah agar meninjau kembali keberadaan RS yang bersangkutan. Dalam izin itu, jelas Ali, terkandung maksud, pemerintah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan RS. Sejauh mana tingkat pelayanan kesehatan dan tanggung jawab sosial kepada masyarakatnya.

“Dalam pelayanan fungsi sosial, tidak boleh RS menolak pasien apapun tingkat kegawatannya. Maka kita sangat menyesalkan dan tidak terima perlakuan RS terhadap pasien itu,” tuturnya.

Ia berharap, tidak ada lagi lainnya yang meninggal karena tidak mendapat layanan kesehatan memadai. (R/R05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.