Komunitas Muslim Serukan Penyelidikan Pembakaran Masjid di Jerman

Berlin, MINA – Komunitas Muslim-Turki (IGMG) menyerukan penyelidikan lengkap dan menyeluruh terhadap dugaan serangan pembakaran pada Sabtu (25/5) di sebuah masjid di kota Hagen, Jerman barat.

“Kami mendesak pihak penegak hukum untuk melakukan investigasi cepat dan menyeluruh, agar melacak para pelaku dan menempatkan mereka di balik jeruji,” kata Presiden IGMG Kemal Ergun dalam sebuah pernyataan, demikian dilansir Anadolu Agency.

Masjid di Hagen telah mengalami kerusakan serius setelah seseorang yang tidak dikenal membakar tempat sampah di depan masjid tersebut.

Rekaman kamera keamanan yang dirilis pada Sabtu menunjukkan seorang pria dengan dua anjing berjalan di dekat tempat sampah sebelum kebakaran.

Jerman mengalami peningkatan Islamofobia dan kebencian terhadap migran dalam beberapa tahun terakhir, yang dipicu oleh partai-partai sayap kanan, yang telah mengeksploitasi kekhawatiran atas krisis pengungsi dan terorisme.

Polisi mencatat 813 kejahatan rasial terhadap Muslim tahun lalu. Setidaknya 54 Muslim terluka dalam serangan itu, yang kebanyakan dilakukan oleh ekstremis sayap kanan.

Jerman, negara berpenduduk lebih dari 81 juta orang, memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Perancis. Di antara hampir 4,7 juta Muslim di negara itu, 3 juta berasal dari Turki. (T/Ais/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)