Kontroversi Baru di Karnataka, Bergejolak Isu “Boikot Daging Halal”

Ilustrasi: Pedagang daging Muslim India. (Wikimedia Commons)

Bengaluru, MINA – Saat Negara Bagian Karnataka, India selatan, bersiap untuk merayakan Ugadi yang menandai awal Tahun Baru bagi mereka yang tergabung dalam negara bagian, sebuah kontroversi baru muncul.

Tanggal 2 April adalah Ugadi dan umat Hindu menandai hari berikutnya sebagai Hosathodaku, di mana mereka memulai tahun baru dengan pesta daging.

Pasca pertikaian hijab yang berkecamuk di berbagai kantong negara bagian, Mohan Gowda, juru bicara Hindu Janajagruti Samithi, menyerukan boikot daging halal.

“Selama Ugadi, banyak umat Hindu mengikuti tradisi memasak daging untuk menandai Hosathodaku. Mari kita semua memastikan kita tidak membeli daging halal. Kita perlu memboikot ini,” kata Mohan Gowda, Awaz-the Voice melaporkan.

“Para pedagang Muslim memotong hewan itu sambil melantunkan doa-doa Islam. Dengan cara ini, mereka telah membuat persembahan kepada Allah. Bagaimana kita bisa menerima itu ke dalam tradisi Hindu kita? Ini bertentangan dengan keyakinan kami,” katanya.

Baca Juga:  AWG, Mae-C Jabar Gelar Aksi Peringati 76 Tahun Nakba

Ia menuding, melalui penjualan daging halal, banyak uang yang dipompa untuk menjadikan negara bagian itu jadi islami.

“Kita umat Hindu harus bersatu padu memboikot daging halal,” tegasnya.

Segera pernyataan itu berubah menjadi kampanye yang gencar di seluruh ibu kota negara bagian, Bengaluru. Bajrang Dal dan anggota VHP telah memasang poster di Nelamangala yang menyerukan larangan daging halal. Bahkan kios daging Hindu telah didirikan di daerah yang bersebelahan dengan kios daging warga Muslim.

Seorang sumber mengatakan, ini adalah pembalasan keras terhadap keputusan pedagang Muslim yang menentang putusan hijab.

Pemimpin BJP CT Ravi dengan cepat mendukung seruan untuk memboikot daging halal dan menyebutnya sebagai ‘jihad ekonomi’.

Baca Juga:  Inilah 13 Keutamaan Ibadah Qurban  

“Dengan daging halal, umat Islam telah memonopoli pasar. Dan apa salahnya orang Hindu menolak daging halal?” dia bertanya. Partai yang berkuasa menolak untuk mengambil tindakan terhadap kampanye ini.

Menteri Dalam Negeri Karnataka, Araga Jnanendra mengatakan, “Semua reaksi ini dimulai setelah umat Islam memprotes perintah Pengadilan Tinggi dalam kasus hijab. Hanya ketika ada masalah hukum dan ketertiban, Kementerian Dalam Negeri akan memperhatikannya.”

Oposisi mengkritik kelompok-kelompok Hindu yang menyebutnya sebagai taktik pemilihan BJP untuk tahun 2023.

“Dengan pemilihan di tikungan, partai yang berkuasa tahu bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan rakyat. Mereka membutuhkan masalah untuk dibagi dan dikuasai. Itulah sebabnya mereka memicu ketegangan antara umat Hindu dan Muslim ini. Mereka tidak peduli jika nyawa dipertaruhkan. Mereka khawatir tentang mempertahankan kekuasaan mereka,” kata legislator Partai Kongres Ajay Singh.

Baca Juga:  Pemerintah Tunda Kewajiban Sertifikasi Halal UMKM Hingga 2026

Sependapat dengannya, Presiden JDS HD Kumaraswamy mengatakan, “Hindu dan Muslim telah hidup rukun selama beberapa tahun terakhir. BJP mengganggu perdamaian antara kedua komunitas ini hanya untuk menjaga kekuasaan mereka. Saya meminta mereka dengan tangan terlipat untuk menghentikan ini sekarang.”

Beberapa pemimpin BJP telah mengklaim bahwa semua komunitas harus diberikan hak yang sama untuk berbisnis.

Legislator BJP Anil Benake mengatakan, “Sebagai pengacara, saya menyatakan bahwa setiap komunitas memiliki hak untuk diberikan kesempatan yang sama untuk berbisnis. Orang harus memutuskan di mana harus membeli dan dari siapa.” (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf