Korut Hancurkan Situs Uji Coba Nuklir

Pyongyang, MINA – Korea Utara (Korut) telah melakukan apa yang dikatakannya sebagai pembongkaran situs uji coba nuklirnya di hadapan wartawan asing.

Pembongkaran yang terjadi pada Kamis (24/5) di situs Punggye-ri jauh di pegunungan di utara timur laut yang jarang penduduknya. Demikian Al Jazeera melaporkan.

Pembongkaran lokasi uji coba nuklir sebelumnya diumumkan oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjelang KTT yang direncanakannya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bulan depan.

Meski begitu, itu bukan langkah yang tidak dapat diubah dan perlu diikuti oleh lebih banyak tindakan signifikan untuk memenuhi tuntutan Trump untuk denuklirisasi.

Semenanjung Korea telah melihat periode hubungan yang tampaknya memanas sejak pertemuan antar-Korea bersejarah pada bulan April, ketika kedua Korea berjanji untuk menandatangani kesepakatan damai dan mengupayakan denuklirisasi ‘komplit’.

Pengumuman itu muncul tak lama setelah Korea Utara mengancam akan meninggalkan KTT yang diusulkan bersama Trump, jika Washington terus melakukan apa yang digambarkan sebagai “tindakan melanggar hukum dan keterlaluan” yang dapat merusak “niat baik” Pyongyang.

Wakil Menlu Korea Utara Choe Son-hui mengatakan pada Kamis bahwa negaranya “tidak akan meminta AS untuk berdialog, atau mengambil kesulitan untuk membujuk mereka jika mereka tidak ingin duduk bersama kami”, menurut kantor berita Korut, KNCA.

Trump juga menyatakan keraguan mengenai apakah KTT akan berlangsung. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan tahu “minggu depan” apakah pembicaraan akan dilanjutkan atau tidak. (T/R11/RS2)

Miraj News Agency (MINA)

Comments: 0