Kyrgyzstan Gelar Kejuaraan Pencak Silat Se-Asia Tengah

Cholpon-Ata, MINA – Duta Besar RI untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata membuka secara resmi Kejuaran Pencak Silat “Central Asia Pencak Silat Beach Championship“.

“Saya ingin memberikan dukungan penuh untuk pengembangan seni bela diri pencak silat di Kyrgyzstan, sekaligus berharap melalui kejuaraan ini akan lebih mendorong lahirnya atlet-atlet berbakat serta didukung oleh pihak sponsor dalam rangka pengembangan pencak silat itu sendiri”, ujar Duta Sunaryo dalam sambutanya, seperti dikutip dari siaran pers Kemlu RI, Kamis (25/7).

Langkah tersebut sebagai upaya peningkatan hubungan sosial budaya serta mendekatkan hubungan antar personal people to people contact dan merupakan bagian dari soft diplomacy.

Kejuaran Pencak Silat tersebut diikuti oleh negara-negara Asia Tengah yakni Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Dalam pembukaan, Dubes Sunaryo yang mengenakan pakaian khas tradisional masyarakat pencak silat menegaskan,  meski pencak silat sebagai seni bela diri tradisional, namun  demikian pencak sIlat cukup diminati dan berkembang pesat di tingkat internasional, tidak hanya di Kyrgystan namun juga di wilayah Asia.

Sebagai salah satu buktinya dengan digelarnya  Kejuaran Pencak Silat  di Cholpon-Ata dan saat dimasukannya pencak silat dalam Asian Games 2018  yang lalu.

Dubes RI juga berharap agar kiranya kompetisi dapat berjalan baik dan lancar serta diiringi semangat sportivitas tinggi dari para atlet yang mengikuti kejuaraan pencak silat tersebut.

Dalam kesempatan itu pula Duta Besar RI menyerahkan bantuan berupa sepuluh body protector kepada Federasi Pencak Silat dari Republik Kyrgyz dan diterima langsung oleh Presiden Federasi, Kanybek Bikboev

Bikboev menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas perhatian serta bantuan yang diberikan Kedutaan Besar RI dalam kegiatan kejuaraan pencak silat tersebut. (T/Sj/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)