Laporan: 26.000 Siswa Madrasah Terkena Dampak Gempa Palu

Palu, MINA – Ketua Tim Satgas Penanggulangan Dampak Bencana Kemenag Oman Fathurahman mengatakan, , Sigi, dan Donggala yang terjadi pada 28 September lalu menimbulkan banyak korban dan kerusakan infrastruktur.

Dari 2.113 korban wafat yang tercatat, 16 di antaranya merupakan keluarga Kementerian Agama (Kemenag). Selain itu, 223.751 orang terpaksa mengungsi. Sedangkan kerusakan infrastruktur meliputi 2.736 sekolah dan sekitar 1.000 unit bangunan fasilitas ibadah.

“Sekitar 26 ribu siswa madrasah terdampak gempa ini akibat 186 madrasah yang rusak. Santri di 576 yang rusak juga terkena dampak,” kata Oman Fathurahman dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (20/11).

Kerusakan parah juga terjadi di IAIN Palu. Aktivitas akademik lumpuh total pasca bencana karena praktis hanya 20 persen bangunan fisik yang bisa dimanfaatkan. Sisanya, rusak parah dan tergenang lumpur. Padahal, terdapat 7.041 mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut.

Agar proses belajar mengajar tetap berjalan, Satgas berkordinasi dengan Rektor IAIN Palu, Sagaf S. Pettalongi, mengawali aksi dengan membersihkan area kampus seluas 7 hektar. Kemudian, memberikan bantuan dana awal sebesar Rp 500 juta, mendirikan 25 unit tenda darurat, dan membuat 25 ruang kelas sementara.

“Hasilnya, perkuliahan dapat berjalan mulai 1 November 2018 dengan mekanisme semester pendek. Sebagian mahasiswa juga diikutkan dalam program kuliah di UIN Makassar, IAIN Pare-Pare, dan IAIN Gorontalo,” katanya.

Oman mengatakan, proses belajar di lingkungan madrasah juga berjalan kembali seiring pembangunan 26 ruang kelas sementara dan pendirian 116 tenda darurat. Selain itu, para siswa diberikan trauma healing. Dalam proses ini, Satgas menggandeng Keluarga Peduli Pendidikan (Kerlip) yang sigap membangun kelas darurat dengan memanfaatkan bahan alam yang ada.

Guna memastikan kantor Kemenag tetap beroperasi, Oman berkordinasi dg Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke, untuk menyediakan fasilitas pelayanan publik yang dilakukan di tenda darurat, menumpang madrasah, dan meminjam rumah penduduk.

“Ini langkah sementara. Kami berupaya segera memulihkan kantor agar publik dapat terlayani lebih baik,” katanya.

Menurut Oman, timnya juga sedang berupaya memulihkan kembali rumah ibadah yang rusak. Tercatat sedikitnya 911 bangunan yang terdampak gempa. Rinciannya terdiri dari 192 unit masjid, 12 mushalla, 664 gereja, dan 43 pura.

“Semua kebutuhan tempat ibadah kita perhatikan. Bagi umat Kristen, misalnya, Kemenag telah memberikan 10 tenda darurat yang berfungsi sebagai gereja sementara,” katanya. (R/R011/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.