Lautan Berlian Salurkan Bantuan Literasi bagi Anak-anak Pemulung

Kegiatan CSR PT Lautan Berlian di Rumah Hebat Anak Indonesia (RHAI) Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022).(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – PT Lautan Berlian mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bekerjasama dengan Rumah Hebat Anak Indonesia (RHAI), yang diperuntukkan bagi anak-anak pemulung, di wilayah Pondok Labu, Jakarta Selatan, Senin (15/8).

Dewa Astawa, selaku CEO Lautan Berlian mengatakan, kegiatan CSR yang diperuntukkan bagi anak-anak kali ini bertema “Dengan Semangat Kemerdekaan, Lautan Berlian Ikut Membangun Anak Indonesia yang Sehat dan Cerdas,” dalam rangka  Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) dan juga mengusung Hari Anak Nasional.

Menurutnya, melakukan kegiatan CSR adalah tanggungjawab setiap perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya, yang dapat memberikan nilai lebih kepada masyarakat sekitar dalam berbagai lini, mulai dari anak-anak sampai orang tua, mulai individu sampai pada kelompok atau organisasi.

“Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan memberikan bantuan untuk kegiatan belajar membaca dan menulis, serta support dengan semangat dan spiritual untuk anak-anak pemulung RHAI yang ada di wilayah Cilandak, Jakarta,” jelas Dewa kepada awak media saat memberikan bantuan secara simbolis di ruang belajar RHAI, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Baca Juga:  [BEDAH BERITA MINA] Tragedi Nakbah, Bagaimana Masa Depan Palestina

Bantuan berupa peralatan literasi pembelajaran membaca dan menulis ini bukan tanpa alasan yang dipilih oleh Lautan Berlian.

Pembina sekaligus Ketua RHAI, Agnes Enteren, menjelaskan, ada sekitar 51-an anak-anak usia 2-12 tahun, yang dibina oleh RHAI, mereka adalah anak-anak pemulung yang tidak memiliki akte kelahiran, sehingga tidak dapat bersekolah dan belum bisa baca tulis.

“Anak-anak yang tergabung dalam RHAI ini 90% adalah anak-anak pemulung yang kurang dapat berkesempatan belajar di sekolah karena mereka semua adalah anak-anak hasil dari ‘kawin siri’ sehingga tidak memiliki akta lahir sebagai syarat mendaftar sekolah,” jelasnya.

Atas dasar itulah maka Lautan Berlian mengadakan acara ini untuk dapat bersama membangun semangat kemerdekaan dan melahirkan anak-anak yang cerdas dan sehat.

Baca Juga:  Ketua PWI DKI Jakarta Siapkan Pakta Integritas Kepengurusan 2023-2029

Pada kesempatan tersebut,  anak-anak juga akan diberikan obat cacing sebagai prefentiv dari penyakit cacingan yang sering dialami anak-anak, terlebih mereka hidup berdekatan dengan lingkungan yang kurang bersih, di tempat pembuangan sampah.

PT Lautan Berlian Utama Motor adalah dealer resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, saat ini memiliki 33 jaringan Pelayanan yang tersebar di wilayah Jakarta – Depok, Sumsel Babel, Lampung dan Bengkulu, merupakan perusahaan yang sangat konsern terhadap kegiatan sosial dengan kegiatan CSR, untuk masyarakat atau warga yang perlu mendapatkan uluran tangan dan ikut merasakan kegembiraan dalam kehidupan sehari-harinya.

Kegiatan CSR sebelumnya pernah dilakukan dengan mengadakan aktivitas charity donor darah, santunan ke berbagai panti asuhan, dan memberikan pelatihan kerja kepada anak-anak SMK di Sumatera.

Kegiatan ke depannya, dalam waktu dekat ini, juga akan melaksanakan kegiatan vaksin booster yang dilaksanakan pada Oktober 2022 nanti, bertepatan dengan HUT Lautan Berlian yang ke 41.

Baca Juga:  200 Lebih Santri Mendaftar di Al Fatah Lampung, Gelombang Dua Masih Dibuka

Dalam penjelasannya Dewa juga menambahkan, kegiatan yang dilakukan ini sebagai awal untuk kegiatan selanjutnya yang akan terus berkesinambungan dan konsentrasi untuk membantu pemerintah  mencerdaskan kehidupan bangsa yang juga disesuaikan dengan program Lautan Berlian.

“Harapannya, kegiatan berupa pembelajaran membaca dan menulis kreatif bagi anak-anak RHAI ini kiranya dapat terus berlanjut, dan Lautan Berlian akan terus merambah ke berbagai kepulauan Indonesia yang dikelilingi oleh lautan sehingga melahirkan generasi-generasi muda yang cerdas, terampil dan berbakat bagai berlian sebagaimana nama dari LAUTAN BERLIAN,” pungkasnya.

Dewa juga mengatakan. pada 5 Oktober nanti usia Lautan Berlian genap 41 tahun, bertepatan dengan lahirnya hari ABRI yang selalu penuh juang dan semangat.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf