Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (Jakarta) Gelar Rakor

Jakarta, MINA – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Tahun 2019 di Jakarta pada Selasa (12/2).

Rapat ini dihadiri sebanyak 280 Perguruan Tinggi yang ada di lingkungan LLDIKTI Wilayah III. Rakorda Tahun ini bertemakan “Meningkatkan Kinerja Tridharma Perguruan Tinggi di Era Disrupsi”.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Dr. Ir. Illah Sailah, M.S. mengharapkan setelah rakorda ini selesai para pimpinan Perguruan Tinggi dapat menentukan arah pengembangan dan pelayanannya dalam dunia pendidikan tinggi.

“Kami berharap Perguruan Tinggi lebih adaptif terhadap perubahan teknologi, serta menggunakan teknologi sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan yang bermutu dalam bidang pendidikan tinggi,” kata Illah saat menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan.

Illah menjelaskan, rapat ini membahas kinerja tridharma perguruan tinggi di era disrupsi khususnya dalam konteks kebijakan mengenai mekanisme standar Pendidikan Jarak Jauh (blended e-learning), kebijakan baru untuk pembukaan prodi dan mekanisme pelimpahan wewenang, dosen dan sarana, prasarana, serta kurikulum.

Acara ini dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. H. Muhammad Nasir, Ak., Ph.D. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Prof. Dr. Ismunandar, Direktur Jendral Kelembagaan, IPTEK dan Dikti, Kemristekdikti Dr. Ir. Patdono Suwignjo, MDA.

Rapat ini juga membahas mengenai strategi peningkatan produktivitas penelitian, publikasi dan HAKI.

Di samping itu Rakorda ini akan berbagi praktik baik Implementasi Online Learning oleh Rektor Universitas Bina Nusantara, serta akan membahas mengenai Human Capital yang dibutuhkan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), oleh Alex Denni selaku Director Human Capitaland Bussiness Support PT. Jasamarga.

Serta ada pula paparan mengenai KKN Tematik Citarum Harum, oleh Prof. Dr. Didik Sulistiyanto selaku Koordinator Pelaksana KKN “Citarum Harum” Tahun 2018/2019. Serta Promo KKN Tematik Merajut Nusantara II.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III telah berganti nama sejak, Selasa 21 Agustus 2018 yang sebelumnya bernama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III (Kopertis Wlayah III). LLDIKTI Wilayah III beralamat di Jalan SMA Negeri 14 Jakarta, Cawang, Jakarta.

LLDIKTI Wilayah III merupakan satuan kerja Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang menaungi Perguruan Tinggi di Wilayah Jakarta.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)