LOMBA FOTO DAN IKLAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Foto : Acara Konferensi Press/Lomba Kerukunan Beragama)
Foto : Acara Konferensi Press/ Kerukunan Beragama)

Jakarta, 1 Shafar 1436/24 November 2014 (MINA) – Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) menggelar Lomba Kerukunan Umat Beragama.

Ada dua jenis  lomba yakni, fotografi dan video iklan layanan masyarakat.

“Lomba KUB sengaja diadakan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia secara lebih luas untuk lebih peduli kepada kerukunan, terutama kerukunan di kalangan umat beragama,” terang Kepala PKUB  Mubarak saat konferensi pers pengumuman pemenang lomba di Kantor Kementerian , Jakarta, Senin (24/11).

Lomba KUB ini, lanjut Mubarak, diharapkan dapat meningkatkan kepekaaan masyarakat terhadap beragam fenomena kerukunan antarumat beragama yang sejak lama diwariskan nenek moyang Indonesia.

“Peserta lomba diberi kebebasan untuk memilih objek fotografi  dan ide cerita yang menggambarkan fenomena kerukunan antarumat beragama,” ujarMubarak.

Lomba KUB mendapat respon positif dari masyarakat. Ini terbukti dengan banyaknya peserta yang berminat untuk mengikuti lomba ini. Selama sebulan masa pendaftaran, tercatat 767 peserta yang mendaftar secara online.

Mereka terdiri dari 620 pendaftar fotografi dan 147 pendaftar lomba iklan layanan masyarakat, meski tidak semua mengirimkan karyanya. “Total karya yang diunggah peserta sebanyak 486 foto dan 42 video iklan layanan masyarakat,” kata Mubarak.

Dewan juri lomba fotografi diantaranya, Kepala PKUB Mubarak, Jerry Aurum fotografer profesional dan Anton Ismael fotografer professional. Adapun juri lomba iklan layanan masyarakat terdiri dari Dedi Zubaedi Peneliti Puslitbang Kehidupan Keagamaan Christian Sugiono Aktor, Bona Palma Sutradara Iklan.

PKUB telah menyiapkan hadiah total Rp. 180.000.000,- untuk seluruh jenis dan kategori jenis lomba. Berikut ini para juara lomba KUB,

Pertama, Lomba Fotografi. Kategori Umum, Adi Wiratmo (I), Amri Arfianto (II), Raditya Mahendra Yasa (III).  Untuk Kategori Pelajara atau Mahasiswa: Anang Firmansyah sebagai pemenang dan Alland Dharmawan sebagai Juara Favorit.

Kedua, Lomba Iklan Layanan Masyarakat. Kategori Umum: Rangga Dias (I), Ayu Widya Wulandari (II), Nindya Raras Nareswari (III). Untuk Kategori Pelajar atau Mahasiswa: Fadilah Muahammad Akbar sebagai pemenang dan Nama Atria Farastiwi sebagai Juara Favorit.

“Untuk karya pemenang lomba video iklan layanan masyarakat, PKUB akan menayangkannya di sejumlah ruang publik, PKUB akan menayangkannya di sejumlah ruang publik dan televisi nasional sebagai salah satu bentuk sosialisasi pesan kerukunan bagi masyarakat luas,” jelas Mubarak.

“PKUB juga berencana memamerkan seluruh karya peserta yang masuk nominasi dewan juri pada perhelatan interreligious Harmony Exhibition pada 3 Januari,” tambahnya. (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0