LPMQ Balitbang Kemenag Rilis Aplikasi Qur’an Berbasis IOS

Pgs. Kepala LPMQ Balitbang dan Diklat Kementerian Agama, Muchlis M. Hanafi. (Foto: Kemenag)

Jakarta, 8 Jumadil Akhir 1438/7 Maret 2017 (MINA) – Setelah sebelumnya Kementerian Agama merilis aplikasi Quran bagi pengguna Android dan website, kini Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementeria Agama (Balitbang Kemenag)  kembali meerbitkan aplikasi yang sama bagi pengguna gadget berbasis IOS.

Pgs. Kepala LPMQ Balitbang dan Diklat Kementerian Agama, Muchlis M. Hanafi mengatakan Al-Qur’an digital untuk pengguna IOS ini sudah bisa diunduh di AppStore, User interface, maupun user experience pada aplikasi ini disesuaikan dengan standar aplikasi pada IOS.

“Ini diharapkan akan memperluas varian akses masyarakat saat akan membaca Al-Qur’an melalui smartphone atau layar monitor,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam laman Kemenag yang dikutip MINA, pada aplikasi ini terdapat beberapa fasilitas di antaranya: teks Al-Qur’an, terjemah, tafsir, suara murottal, penanda baca terakhir, share teks Al-Qur’an, terjemah, dan tafsir.

Pada aplikasi ini, tambahnya, murattal Al-Quran adalah Syekh Mahmud Khalil al-Hushary. Tulisan yang digunakan bersumber dari Mushaf Attin yang sudah disesuaikan dengan Mushaf Al-Quran Standar Indonesia.

“Mushaf Al-Quran Standar Indonesia adalah Mushaf Al-Quran yang dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca, dan tanda waqafnya sesuai dengan hasil yang dicapai Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Quran yang berlangsung sebanyak 9 kali dari tahun 1974-1983, dan dijadikan pedoman bagi mushaf Al-Qur’an yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama,” jelasnya.

Kami menyadari, lanjutnya, masih banyak kekurangan dalam aplikasi berbasis IOS ini. Namun, sesuai pengalaman pada aplikasi versi Android, LPMQ tetap membuka diri untuk menampung masukan.

“Setiap orang memiliki kebiasaan dan kenyamanan berbeda dalam menggunakan aplikasi. Tapi kami tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk menyesuaikan dengan masukan dari masyarakat. Pengembangan Quran Kemenag ini menjadi komitmen LPMQ sebagai upaya memberikan akses dan pemahaman terhadap Kitab Suci ini,” katanya. (T/R09/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)