LPMQ dan IAIN Cirebon Sinergi Pelestarian Manuskrip Al-Quran Nusantara

Cirebon, MINA – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran () menjalin kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dalam upaya pelestarian manuskrip Al-Quran di Cirebon.

Kerjasama diawali dengan menggelar Workshop Manuskrip , di Ruang Auditorium Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kamis (25/10).

Dikutip dari rilis , workshop dibuka oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta. Menurutnya,  civitas akademika sudah semestinya memiliki kesadaran sejarah, dan belajar bagaimana mengkaji manuskrip Al-Quran Nusantara serta mengambil manfaat darinya.

“Manuskrip itu bersentuhan dengan daerah, budaya, dan lingkungan sekitarnya, sehingga sangat disayangkan jika manuskrip itu sampai bermigrasi ke daerah atau bahkan negara lain,” kata Sumanta.

Kepala LPMQ Muchlis M. Hanafi mengatakan, kegiatan ini sengaja diselenggarakan di kantong locus naskah keagamaan Nusantara berada. Ia berharap, hasil penelitian lapangan yang dilakukan peneliti LPMQ bisa dikapitalisasi menjadi karya yang memiliki nilai manfaat di tengah masyarakat.

Selain Rektor IAIN Syekh Nurjati dan Kepala LPMQ, acara ini juga dihadiri oleh Dekan FUAD, Kepala Jurusan, Sekjur di FUAD,  sejumlah dosen dan mahasiswa di lingkungan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.