Mahasiswa IPB Kenalkan Al-Quran Lewat Dongeng Boneka Tangan

Pengenalan Al-Quran harus dilakukan sedini mungkin. Banyak anak muda yang mulai meninggalkan kebiasaan membaca Al-Quran. Munculnya berbagai media hiburan baru seperti gadget telah menggeser kebiasaan membaca Al-Qur’an anak muda zaman sekarang.

Kemirisan tersebut dirasakan sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor () yang meresponnya dengan membentuk tim yang terdiri dari Nisa Nurjanah, Risky Ramadhan, Ida Rahayu, Iva Nurul Faizah, dan Nurjanah. Mereka menawarkan suatu metode baru untuk meningkatkan minat baca dan mempelajari makna Al-Qur’an bagi anak-anak yaitu SaubatQu.

SaubatQu atau Saung Baca dan Tadabbur Qur’an merupakan program pengabdian masyarakat yang dituangkan dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dengan judul ‘SaubatQu Metode Belajar Berbasis Boneka Tangan di Madrasah Daerah Cangkurawok’.

“Sebelumnya, kami sempat berasumsi bahwa metode mengaji Al-Qur’an dari dulu itu tidak banyak berubah. Hal tersebut dapat menyebabkan memudarkan kebiasaan mengaji pada anak. Kami menawarkan metode baru dalam menyampaikan isi Al-Qur’an yaitu dengan boneka tangan. Metode ini kami pilih sebagai inovasi untuk meningkatkan minat anak dalam membaca dan memahami makna Al-Qur’an,” tutur ketua tim, Nisa Nurjanah.

Berawal dari kepengurusan Rohani Islam (Rohis) masa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU), tim ini melakukan bakti sosial ke suatu madrasah di daerah Cangkurawok, Dramaga Bogor. Kemudian, tim memutuskan untuk menjadikan madrasah tersebut sebagai sekolah tujuan program pengabdian.

“Dongeng yang saat ini kami buat difokuskan pada surat-surat pendek atau juz 30. Kami sudah membuat tiga dongeng dari surat Al-Lahab, Al-Quraisy, dan Al-Fiil,” ungkap salah satu anggota tim, Ida Rahayu.

SaubatQu memiliki tiga tokoh utama yaitu Sauba sebagai boneka perempuan, Ququ sebagai boneka laki-laki, dan Somat sebagai peran pendukung. Dongeng yang dibuat memunculkan sifat-sifat atau makna dari suatu surat yang harus diteladani oleh anak.

“Kami menentukan tokoh dan naskah cerita. Contohnya pada surat Al-Lahab yang artinya gejolak api. Surat ini menceritakan sifat Abu Lahab dan istrinya yang suka menyebar fitnah. Dongeng surat Al-Lahab ini menampilkan latar tempat di suatu madrasah dimana Sauba dan Ququ yang sedang bertengkar, karena Ququ belum berhasil menghafalkan surat Al-Lahab,” tutur Nurjannah.

Kemudian, tambah Nurjannah, seorang tokoh sebagai manusia kami munculkan sebagai ustad yang menceritakan makna dari surat Al-Lahab. Kami memanfaatkan boneka tangan sebagai pengantar dongeng dalam menyampaikan makna dari surat Al-Lahab.

“Tema yang kami buat menyesuaikan juga dengan surat yang akan didongengkan. Kami melihat anak-anak madrasah ini membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kecintaannya pada Al-Qur’an dan berusaha menanamkan akhlak baik. Sehingga, kami menentukan metode boneka tangan ini sebagai solusinya. Kami juga akan melakukan inovasi baru untuk boneka tangan agar bisa dipasangi baterai, sehingga lebih efektif dalam menyampaikan dongeng,” jelas Risky Ramadhan. (R/R09/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.