Mahasiswa KKN IAIN Kudus Ciptakan Ular Tangga Moderasi Beragama

Kudus, MINA – Tim Kuliah Kerja Nyata Institut Agama Islam Negeri Kudus di Desa Dersalam (Tim KKN-IK Dersalam) menciptakan permainan edukasi “Ular Tangga Moderasi Beragama”.

Anggota KKN-IK Dersalam, Maurin Pratiwi mengatakan, permainan ini bertujuan untuk mengenalkan moderasi beragama pada anak sejak dini.

“Permainan ini menyasar pada siswa kelas 4 hingga 6 sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah, yang mengajak mengenal arti penting saling menghargai dan menghormati antar agama,” kata Maurin dalam keterangan tertulis pada Ahad (19/9), seperti dikutip dari laman Kemenag.

Ia menambahkan, pembelajaran pada tahap kelas atas SD berkisar pada pengenalan agama resmi di Indonesia dan toleransi serta mengajarkan nasionalisme melalui Pancasila dan semboyan bangsa Indonesia.

Permainan ular tangga berukuran 3m x 3m ini untuk pertama kali dimainkan di SDN 4 dan SDN 5, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kudus pada Jumat (17/9).

Dalam permainannya, siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing beranggotakan 4 hingga 5 anak dan dilanjutkan dengan bermain seperti permainan ular tangga pada umumnya.

“Yang membedakannya dengan permainan ular lain adalah ukuran permainan sangat luas sehingga anak bisa menjadi ‘bidak’ sendiri,” kata Maurin.

Selain itu, terdapat kotak berisi pertanyaan seputar moderasi beragama dan toleransi yang harus dijawab siswa.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan KKN IK Dersalam Rofiq Addiansyah, mengaku salut atas kreatifitas mahasiswanya.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Materinya sangat bermanfaat dan mudah diterima,” ujarnya. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.