Mahasiswa KKN IAIN Kudus Ciptakan Ular Tangga Moderasi Beragama

Kudus, MINA – Tim Kuliah Kerja Nyata Institut Agama Islam Negeri Kudus di Desa Dersalam (Tim -IK Dersalam) menciptakan permainan edukasi “Ular Tangga ”.

Anggota KKN-IK Dersalam, Maurin Pratiwi mengatakan, permainan ini bertujuan untuk mengenalkan moderasi beragama pada anak sejak dini.

“Permainan ini menyasar pada siswa kelas 4 hingga 6 sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah, yang mengajak mengenal arti penting saling menghargai dan menghormati antar agama,” kata Maurin dalam keterangan tertulis pada Ahad (19/9), seperti dikutip dari laman Kemenag.

Ia menambahkan, pembelajaran pada tahap kelas atas SD berkisar pada pengenalan agama resmi di Indonesia dan toleransi serta mengajarkan nasionalisme melalui Pancasila dan semboyan bangsa Indonesia.

Permainan ular tangga berukuran 3m x 3m ini untuk pertama kali dimainkan di SDN 4 dan SDN 5, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kudus pada Jumat (17/9).

Dalam permainannya, siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing beranggotakan 4 hingga 5 anak dan dilanjutkan dengan bermain seperti permainan ular tangga pada umumnya.

“Yang membedakannya dengan permainan ular lain adalah ukuran permainan sangat luas sehingga anak bisa menjadi ‘bidak’ sendiri,” kata Maurin.

Selain itu, terdapat kotak berisi pertanyaan seputar moderasi beragama dan toleransi yang harus dijawab siswa.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan KKN IK Dersalam Rofiq Addiansyah, mengaku salut atas kreatifitas mahasiswanya.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Materinya sangat bermanfaat dan mudah diterima,” ujarnya. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.