Mahmoud Abbas Berbelasungkawa atas Wafatnya Sekjen Fatah

Tayeb Abdul Rahim. (Wafa)

Ramallah, MINA – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Rabu (18/3) menyatakan belasungkawa atas wafatnya sekretaris jenderal dan mantan anggota Komite Sentral Fatah, Tayeb Abdul Rahim, yang meninggal di Kairo pada usia 75 tahun.

“Hari ini kami mengucapkan selamat tinggal kepada saudara yang terkasih, seorang teman yang setia dan pejuang yang kuat yang telah melakukan begitu banyak hal untuk Palestina dan rakyatnya, dan yang merupakan contoh memberi dan berkorban, berpegang pada konstanta nasional dan legitimasi Palestina,” kata Presiden dalam pidatonya tentang Abdul Rahim, demikian WAFA melaporkan.

Ia menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga, gerakan Fatah dan gerakan nasional Palestina.

Abdul Rahim lahir di kota Anabta, di distrik Tepi Barat Tepi Barat utara, pada tahun 1944. Ia bergabung dengan gerakan Fatah pada tahun 1965 ketika belajar di sebuah perguruan tinggi di Kairo, di mana ia adalah kepala Serikat Pelajar Palestina.

Baca Juga:  Prancis Minta Israel Hentikan Operasi Militernya di Rafah

Abdul Rahim merupakan pengelola stasiun radio Fatah, Saout al-Asifa, antara tahun 1969 hingga 1970, kemudian menjabat sebagai direktur radio Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dari tahun 1973 hingga 1978. Sebelum ia pernah menjadi Duta Besar Palestina untuk Tiongkok, Yugoslavia, Mesir dan Yordania.

Dia ditunjuk oleh mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat sebagai kepala staf dan sekretaris jenderal kantornya. Dia mempertahankan jabatan ini di bawah Presiden Abbas sampai wafatnya. (T/Mee/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik