Makna Ucapan “Minal Aidin wal Faizin”

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA

Pada momentum kegembiraan Hari Raya , di antara kita ada yang mengucapkan “Minal Aidin wal Faizin.”

Biasanya kalimat ini dirangkaikan dengan kalimat “Mohon Maaf Lahir dan Bathin.” Lalu, apa artinya “Minal Aidin wal Faizin”?

Secara bahasa, “Minal Aidin” artinya termasuk orang-orang yang kembali. “Wal Faizin” artinya dan menang.

Jika dimaknai secara harfiah, Minal Aidin wal Faizin artinya “Termasuk dari orang-orang yang kembali sebagai orang yang menang”.

Adapun kata-kata Mohon Maaf Lahir dan Bathin, sebagai ungkapan melengkapinya, untuk menyertai Bahasa Arab Minal ‘Aidin Wal faizin. Minal Aidin, mengandung makna bahwa kita mengharap kembali, yaitu berharap menjadi orang bersih dan suci (minal ‘aidin ilal fithrah).

Harapannya sesuai ganjaran bagi orang yang telah berpuasa pada bulan Ramadhan, dengan iman dan semata-mata mencari ridha Allah. Maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Tentu ucapan itu mengandung harapan, semoga kita seperti bayi yang baru lahir dari rahim ibu, bersih-suci dari salah dan dosa.

Sementara panjatan doa “wal faizin”, semoga menuai kemenangan dengan meraih surga (wal Faizin bil Jannah), sangat terkait dengan tujuan puasa Ramadhan itu sendiri. Yakni meraih tujuan ridh Allah, dan dimasukkan ke dalam surga, dijauhkan dari neraka.

Maka, kita akan memaknai kemenangan dari perjuangan selama bulan Ramadhan, sehingga saat Hari Raya tiba, disebut hari kembali kepada fitrahnya dan memperoleh kemenangan.

Itulah bahasa keseharian kita, bahasa Arab ke-Indonesia-an, sebagai ciri khas. Intinya kegembiraan menyambut Hari Raya Idul Fitri, sesuai yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam.

Semoga kita kembali sebagi fitrah hamba Allah, bersih dari dosa, dan memperoleh kemenangan.

Akhirnya, Penulis dan keluarga pun mengucapkan, “Selamat Hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Mohn Maaf Lahir dan Bathin. Minal Aidin wal Faizin.” Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. (A/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.