Malaysia Akan Bentuk Dewan Tahfiz Nasional

 

Kuala Lumpur, MINA – Malaysia berencana membentuk Dewan Tahfiz Nasional tahun depan untuk membantu merampingkan sekolah tahfiz swasta, Dewan Rakyat mengatakan pada Rabu (28/11).

Wakil Menteri di Departemen Perdana Menteri Fuziah Salleh mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan lembaga tahfiz dan memberikan pelatihan yang memadai sejalan dengan Kebijakan Pendidikan Tahfiz Nasional yang berfokus pada lima dukungan.

“Kelima dukungan itu, meningkatkan legislasi dan penegakan hukum, memperkenalkan model lembaga tahfiz yang diakui, memperkuat kurikulum pendidikan tahfiz, memberdayakan administrasi lembaga tahfiz, serta menciptakan pengakuan dan sertifikasi untuk lembaga tahfiz,” katanya , seperti disebutkan Free Malaysia Today.

Dikatakan, dukungan pemerintah adalah untuk mengembangkan pusat tahfiz dan memberikan pelatihan kepada para siswa untuk menjamin mereka masa depan yang lebih cerah.

Fuziah mengatakan, pemerintah telah memperkenalkan tiga model untuk meningkatkan kurikulum tahfiz, yaitu Kurikulum Terpadu Tahfiz, Tahfiz Turath dan Tahfiz Kemahiran.

Dalam hal meningkatkan keterampilan para guru, lanjutnya, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim) terus-menerus menyelenggarakan lokakarya dan kursus bersama Kementerian Pendidikan.

Ia juga memberi tahu bahwa Undang-Undang diubah untuk memasukkan definisi sekolah tahfiz sebagai sekolah agama.

“Untuk memastikan keamanan di lembaga tahfiz, Jakim dan Institut Kesehatan dan Keselamatan Kerja sedang melakukan kursus keselamatan dan kesehatan di Sekolah Tahfiz Nasional.”

“Kursus seperti itu fokus pada aspek kesehatan dan keselamatan mereka di lembaga tahfiz,” tambahnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.