MAN 1 Kudus Raih Mendali Emas Olimpiade Penelitian Nasional

Kudus, MINA – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus Jawa Tengah, berhasil meraih medali emas dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2021 yang diraih Fidia Aulia Nafis dan Nadya Insyafana Rahma.

Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual pada 20-21 Februari 2021, Fidia dan Nadia menampilkan riset biologi berjudul AMBON (Antimicrobial Agents By Ozone and Silver Nanoparticles), demikian keterangan yang diterima MINA Ahad (21/2).

Dalam riset tersebut keduanya meneliti tentang efektivitas antimikroba antara ozonisasi dan nanosilver terhadap peningkatan kualitas budidaya larva ikan bandeng.

“Penelitian ini memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas budidaya ikan bandeng melalui pengamatan media pemeliharaan,” kata Nadya.

Berkat riset yang dilakukan ini, Fidia dan Nadya pun direkomendasikan menjadi peserta ajang riset Internasional “Mostratec” di Brazil.

“Prestasi tahun ini mengulang dan mempertahankan prestasi di ajang ISPO tahun sebelumnya. Alhamdulillah Siswa – Siswi MAN 1 Kudus berhasil menjaga tradisi menyabet medali Emas di ISPO 2021 dan Honorable Mention sebagaimana tahun 2020,” ujar Kepala MAN 1  Kudus Suhamto.

“Syukur Alhamdulillah dan terima kasih untuk perjuangannya. Terus belajar, berprestasi, berinovasi untuk mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat,” lanjutnya.

ISPO merupakan sebuah kegiatan olimpiade proyek penelitian bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer yang diperuntukkan bagi siswa SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia.(R/SH/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)