Masjid Central Glasgow Pasang Panel Surya Hadapi Krisis Iklim

Sember Foto: Ummid.com

Glasgow, MINA – Masjid Central Glasgow, Skotlandia memasang panel energi surya untuk mendukung dunia memerangi krisis perubahan iklim. Hal itu akan mengurangi konsumsi energi sebesar 23 persen.

Sekretaris Jenderal Masjid Central Glasgow Irfan Rezzaq mengatakan, proyek ramah lingkungan tersebut merupakan kerja sama antara Greenpeace dan Islamic Relief. Masjid terbesar di Skotlandia itu adalah salah satu yang dipilih dari masjid ikonik lainnya, seperti Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa, Anadolu Agency melaporkan Ahad (7/11).

Rezzaq mengatakan, proyek ramah lingkungan yang diterapkan di masjid tersebut, antara lain mengganti semua bola lampu menjadi LED, membuat klub bersepeda dan carpooling untuk mengurangi emisi.

Proyek tersebut diharapkan akan meningkatkan kesadaran anggota masyarakat terhadap lingkungan. “Selain meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan, panel surya baru akan mendorong masyarakat untuk berpikir tentang penghematan energi,” tutur dia.

Selain itu, kebun luas yang berdekatan dengan masjid tersebut juga akan dibudidayakan untuk menanam sayuran dan buah-buahan agar mengurangi emisi karbon.

Proyek ramah lingkungan di Masjid Central Glasgow tersebut diluncurkan bertepatan Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP26 beberapa waktu yang lalu.

Para pemimpin dunia, termasuk Presiden RI Joko Widodo yang hadir dalam pertemuan dua hari di Glasgow tersebut mengumumkan untuk mengurangi emisi karbon dan metana serta mendanai transisi yang diperlukan untuk memerangi krisis iklim. (T/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)