Melalui Festival Seni Budaya, Indonesiana Dorong Pemajuan Kebudayaan

Jakarta, MINA – Platfrom mendorong kemajuan kebudayaan melalui festival seni . Indonesiana adalah platfrom pendukung kegiatan seni budaya di Indonesia yang bertujuan untuk membantu tata kelola kegiatan seni budaya yang berkelanjutan, berjejaring.

“Kerja sama yang dilandasi keinginan bersama untuk memajukan kebudayaan yang menguatkan hubungan sosial dan membentuk visi kebudayaan di dalam kerja bersama antara pemerintah, komunitas dan sektor swasta,” kata Ahmad Mahendra, Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Jakarta, Selasa (28/8).

Lebih lanjut ia mengatakan, diawali dengan festival Foho Rai di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), tiga dari total sembilan wilayah yang tergabung dalam platform kebudayaaan Indonesiana telah menyelenggarakan empat festival dari total 13 festival tahun 2018.

“Platform Kebudayaan Indonesiana sudah ada bentuknya,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai festival yang terselenggara melalui Indonesiana dapat menjadi media untuk memetakan dan memperkuat unsur-unsur ekosistem kebudayaan.

Selain Foho Rai, gotong royong pemajuan kebudayaan melalui platform Indonesiana juga turut menyukseskan penyelenggaraan International Gamelan Festival (IGF) tahun 2018 di Jawa Tengah, dan tiga festival dalam Gaung Sintuvu di Sulawesi Tengah.Diharapkan pula pemetaan tersebut dapat menjadi landasan untuk pemajuan kebudayaan yang meliputi pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan sumber daya manusia pelaku budaya.

“Lima nilai yang ingin dikembangkan dalam Indonesiana di antaranya partisipasi, gotong royong, ketersambungan, penguatan lokal, dan keragaman. Semuanya tercermin dalam festival yang sudah diselenggarakan,” katanya.Indonesiana diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui festival budaya. (L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.