Menag Lantik Dewan Hakim MTQN 2020 di Padang

Foto: danil

Padang, MINA – Menteri Agama Fachrul Razi melantik 131 orang Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 yang akan diadakan di Padang,  dalam sebuah acara di Auditorium Kantor Gubernur Sumatera Barat, Sabtu (14/11).

Menag meminta Dewan Hakim pada MTQ Nasional ke-28 dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh komitmen dan amanah.

“Saudara-saudara wajib menaati kode etik perhakiman dan menguasai pedoman perhakiman,” tegas Menag dalam sambutannya seperti dikutip dari website Kementerian Agama RI, Sabtu (14/11).

Menag menjelaskan, dewan hakim bukan unsur pelengkap dalam setiap penyelenggaraan MTQ, namun adalah unsur penentu.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ bukan mementingkan hasilnya siapa yang menjadi juara, tetapi harus memperhatikan prosesnya dan hal itu ditentukan oleh kualitas dan obyektivitas penilaian dewan hakim.

“Saya percaya, para dewan hakim yang direkrut pada MTQ Nasional ke-28 di Kota Padang ini adalah orang-orang pilihan yang selain mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, sekaligus diharapkan kontribusinya dalam meningkatkan kualitas MTQ yang diselenggarakan dua tahun sekali,” katanya.

Dewan hakim bersama dengan panitera 26, dan Dewan Pengawas 7 akan mengawal 8 cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ke 28 kali ini.

Delapan cabang itu adalah cabang seni baca Alquran, qira’atal Quran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahmil Alquran, seni kaligrafi Alquran, syarhil Alquran, dan cabang karya tulis ilmiah Alquran. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)