Menag: Zakat Pilar Pengokoh Peran Agama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: mkd)

Jakarta, 15 Maret 2017/16 Jumadil Akhir 1438 (MINA) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir dalam acara pembukaan World Forum 2017 yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta, Rabu (15/3).

Dalam sambutannya Lukman mengatakan, sesuai dengan Surat At-Taubah ayat 60 zakat adalah wajib dikerjakan oleh setiap orang yang sudah sesuai syarat dan merupakan ketetapan yang diwajibkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Zakat sebagai salah satu pilar pengokoh peran agama dalam menjaga harga, drajat, dan martabat manusia,” ujar Lukman dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (15/3) pagi. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkannya.

Ia menambahkan, dalam ajaran Islam, zakat merupakan cara mendekatkan jarak sosial dan jarak ekonomi juga jarak sikologis antara kaya dan miskin.

“Keseimbangan dan rasa keadilan antar masyarakat pasti akan terganggu sekiranya setiap orang hanya pandai menuntut hak-hak asasinya saja, tetapi mengabaikan kewajiban dalam hubungan antar sesama manusia,” katanya.

Konferensi World Zakat Forum 2017 sendiri diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan World Zakat Forum selama dua hari sejak Rabu (15/3) sampai Kamis (16/3) dan dihadiri peserta dari 16 negara.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan dalam konferensi itu akan terjadi tukar menukar pengalaman dan masalah-masalah seputar zakat antar negara sehingga terjadi saling sharing dan dapat memecahkan masalah dalam meninkatkan pengelolaan zakat.

““Kami berharap konferensi ini berjalan lancar dan akhirnya bisa menyepakati resolusi dan membentuk kepengurusan baru dari World Zakat Forum periode 2017-2020,” ujarnya. (L/R08/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.