Mendikbud Harap Sinergi Antar UPT Daerah Terus Ditingkatkan

Jakarta, MINA – Menteri dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy berharap sinergi antar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () di daerah terus ditingkatkan.

“Jangan ada sekat-sekat dalam bekerja, apalagi di lapangan personel Kemendikbud kan tidak banyak, jadi harus bersinergi,” pesan Mendikbud ketika meresmikan sejumlah fasilitas baru di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Kamis (10/1).

Kemendikbud memiliki sejumlah UPT di daerah, antara lain LPMP, pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan (PPPPTK), balai pelestarian cagar budaya (BPCB), balai pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat (Balai PAUD Dikmas), serta balai bahasa.

“Dengan sinergi dan kerjasama yang baik antar UPT, tugas-tugas Kemendikbud di daerah seperti penjaminan mutu pendidikan, pemetaan mutu, dan gerakan literasi nasional bisa dikerjakan dengan efektif dan efisien,” ujar Mendikbud.

Pembagian struktur organisasi dan anggaran, tambah Mendikbud, tidak menjadi sekat yang memisahkan. Banyak pekerjaan besar yang harus dikerjakan dengan melibatkan beberapa unit kerja agar pekerjaan tersebut selesai dengan baik.

“Misalnya pemetaan mutu sekolah, ini bukan hanya tanggung jawab LPMP, tetapi perlu menggandeng UPT lainnya. Begitu juga dengan gerakan literasi nasional, bukan semata-mata tugas balai bahasa,” kata Mendikbud.

Mendikbud juga mengimbau satuan kerja yang diberi amanat mengelola penerimaan negara bukan pajak (PNBP), hendaknya bekerja lebih keras agar target PNBP bisa terpenuhi. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki LPMP ataupun PPPPTK harus dioptimalkan penggunaannya untuk kegiatan pendidikan dan juga kegiatan yang menghasilkan penerimaan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Mendikbud meresmikan sejumlah fasilitas di LPMP DKI Jakarta, seperti aula pertemuan dan gelanggang olahraga. Fasilitas-fasilitas tersebut baru selesai dibangun atau direnovasi pada akhir 2018.

Tampak hadir mendampingi Mendikbud, Sekretaris Jenderal Kemendikbud; Didik Suhardi dan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud; Hamid Muhammad. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.