Mendikbud: NTB Dapat Jadi Contoh Penerapan Program PPK

Ampenan, 15 Syawwal 1438/9 Juli 2017 (MINA) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan menunjungi kebeberapa lembaga pendidikan.

Mendikbud mengatakan,  Provinsi NTB dapat dijadikan contoh penerapan program Penguatan (PPK) melalui program yang telah dijalankan.

“Sesuatu hal yang luar bisa menyaksikan aktvitas pendidikan yang baik di NTB. Ini dapat menjadi contoh baik aktivitas secara nasional, dan semoga dapat terus berkembang,” tutur Mendikbud dalam keterangan pers Kemdikbud yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (9/7).

Mendikbud menyampaikan, penguatan pendidikan karakter di Boarding School sudah diterapkan. Tugas Kemendikbud adalah memastikan di sekolah-sekolah regular dapat menerapkan PPK yang telah dimasukan dalam Kurikulum 2013, dengan memperkuat Ekstrakurikuler dan Ko-kurikuler.

“Aktivitas ini sudah mencerminkan yang diamanahkan Bapak Presiden RI Joko Widodo. Pesan Presiden, tutur Mendikbud, memberikan amanat untuk menerapkan pendidikan karakter dengan bobot 70 persen pada jenjang pendidikan dasar,” ujarnya.

“Penanaman pendidikan karakter di sekolah, anak-anak jangan dipaksakan dengan yang belajar yang macam-macam di dalam kelas, tetapi harus dirangsang siswa belajar aktif. Siswa ditanamkan kejujuran dan nilai-nilai Pancasila. Dengan itu maka akan lahir pribadi yang kokoh,” jelas Mendikbud.

Mendikbud menyampaikan akan mengambil cerita sukses (Success Story) tentang pelaksanaan PPK di Provinsi NTB, agar dapat dijadikan contoh penerapannya pada provinsi lain.

“Saya sangat percaya kepada Bapak dan Ibu guru dalam membangun karakter anak-anak kita. Saya titipkan anak-anak kita kepada Bapak dan Ibu, berikan contoh dan teladan yang baik kepada mereka,” pesan Mendikbud.

Dalam kunjungan ini Mendikbud mengunjungi beberapa yayasan pendidikan di Kota Ampenan diantaranya Muhammadiyah Boarding School, Yayasan Lentera Hati Boarding School, dan Pondok Pesantren Nurul Jannah-Nahdlatul Wathan Ampenan. (T/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.