Menhan Prabowo Nilai Prancis Sebagai Mitra Strategis RI

(Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

Jakarta, MINA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menilai sebagai mitra utama Strategis Republik Indonesia.

“Prancis adalah mitra strategis utama bagi Indonesia dalam hal geopolitik dan geostrategi,” ujar Menhan Prabowo saat menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara dan Antariksa Prancis Général d’Armée Aérienne Stéphane Mille di Kemhan, Jakarta, Senin (11/7).

Pada kesempatan itu, Menhan Prabowo menyoroti kesuksesan dan upaya peningkatan hubungan antara kedua negara.

Menhan Prabowo menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini dan peran aktif Jenderal Mille dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara.

Menhan mengatakan bahwa di kawasan Indo Pasifik, Prancis memiliki peran yang sangat strategis untuk meningkatkan stabilitas perdamaian dan keamanan.

Menhan Prabowo juga mengapresiasi dukungan Prancis terhadap modernisasi alutsista Indonesia. Program akuisisi alutsista dari Prancis pun diupayakan agar meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia melalui kegiatan transfer teknologi dan kerja sama.

Dikutip dari laman Kemhan, mengungkapkan sebelumnya, pada 10 Februari 2022 di Jakarta, Indonesia dan Prancis telah menandatangani beberapa MoU di bidang kerja sama pertahanan.

Pertama, antara Kemhan dengan Dassault Aviation. Kedua, MoU kerja sama di bidang riset dan pengembangan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Naval Group.

Ketiga, kerja sama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad (Persero) dan Nexter Munition. Keempat, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT Len Industri (Persero) dan Thales Group.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)