Menlu RI: Presiden Jokowi akan Kunjungi Kiev, Moskow

Foto: Biro Setpres RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia.

Retno mengatakan, Presiden Jokowi direncanakan  akan menemui pemimpin kedua negara, yaitu Presiden Ukraina Volodymir Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow itu, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelenskiy dan Presiden Putin,” ujar Retno dalam press briefing virtual, Rabu (22/6).

Sebelum berkunjung ke Kiev dan Moskow, Presiden RI akan menghadiri undangan KTT G7 di Elmau, Jerman pada 26-27 Juni 2022

Menurut Retno, kunjungan ke dua negara tersebut merupakan hal yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal.

“Kita paham situasi saat ini masih sangat sangat sangat complicated. Dunia juga paham mengenai kompleksitas masalah yang ada,” ujarnya.

Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, lanjut Retno, sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi tidak memilih diam.

Presiden Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut.

Menurut Menlu, kunjungan Presiden Jokowi tersebut menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah serta terus mendorong spirit perdamaian.(L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.