Menlu RI Resmikan Platform Digital Forum Bisnis INA-LAC

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pada Senin (9/11) meresmikam platform digital Indonesia- dan Karibia () secara virtual.

Platform tersebut menampilkan online showcase produk ekspor Indonesia dan Amlatkar serta 108 ready-to-offer proyek investasi Indonesia dilengkapi fitur appointment one-on-one business meeting.

Platform tersebut diresmikan dalam pembukaan Forum Bisnis INA-LAC ke-2 yang berlangsung secara hybrid selama tiga hari pada 9-11 November 2020.

Forum dengan tema Smart Partnership: Refocusing Indonesia and Latin America and the Caribbean E​conomic Relations in the Time of Pandemic itu diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Agama RI, dan Wakil Menteri Kementerian BUMN RI.

Sementara dari kawasan Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar), hadir secara virtual Menteri Luar Negeri Chile mewakili Aliansi Pasifik, Sekretaris Jenderal Sistem Integrasi Amerika Tengah (SICA), dan Wakil Menteri Luar Negeri Uruguay mewakili MERCOSUR.

Menlu RI menekankan pentingnya Indonesia dan Amlatkar berkolaborasi dalam rangka pemulihan ekonomi bersama di tengah situasi pandemi Covid-19. Kedua kawasan juga harus menentukan visi kerja sama di masa depan untuk menciptakan peluang ekonomi.

Sementara itu, Menlu Chile mengapresiasi penyelenggaraan Forum Bisnis INA-LAC sebagai wujud komitmen Indonesia untuk penguatan hubungan ekonomi dengan kawasan Amlatkar melalui berbagal platform, diantaranya penggunaan teknologi.

Wakil Menlu Uruguay juga menekankan hal senada, MERCOSUR sebagai kekuatan ke-lima ekonomi dunia, memiliki komitmen untuk menguatkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia Tenggara, terutama melalui pembentukan perjanjian perdagangan bebas.

Forum Bisnis INA-LAC 2020 pada hari pertama ini diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari kalangan bisnis serta sejumlah pemangku kepentingan dari kedua kawasan.

Selain agenda pertemuan bisnis, pada sesi pembukaan Forum Bisnis INA-LAC 2020 telah pula ditandatangani berbagai dokumen, antara lain, Penandatanganan MoU Kerja Sama Jaminan Produk Halal RI-Chile. (L/RE1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)