MENLU TURKI DESAK INTERNASIONAL BANTU PENGUNGSI SURIAH

Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu (Foto: sunday's Zaman)
Feridun Sinirlioglu (Foto: sunday’s Zaman)

Luxemburg, 22 Dzulqa’dah 1436/6 September 2015 (MINA) –  Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu mengatakan di Luxemburg, Sabtu (5/9), masyarakat internasional harus berbagi tanggung jawab dalam memberikan bantuan kepada pengungsi Suriah.

Sinirlioglu, mengatakan bahwa Turki telah menghabiskan lebih dari  6 miliar dolar untuk pengungsi Suriah sementara masyarakat internasional  hanya menghabiskan  417 juta dolar.

“Jumlah pengungsi di seluruh dunia telah mencapai 60 juta. Turki sebelumnya menjadi negara transit bagi para pengungsi, tapi sekarang justru menjadi negara tujuan bagi mereka,” ujarnya, seperti dilaporkan Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara itu, kepala kebijakan luar negeri, Uni Eropa Federica Mogherini juga mengatakan bahwa Turki menjadi tuan rumah  sekitar dua  juta pengungsi Suriah, sementara negara anggota Uni Eropa tidak bisa setuju  bahkan awalnya hanya diusulkan 60.000 orang.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Luksemburg Jean Asselborn, Mogherini mengatakan bahwa krisis dapat mempengaruhi negara-negara anggota lainnya.

“Ini bisa mempengaruhi kita semua. Beberapa bulan lalu, Italia, Yunani dan Malta, tidak bersedia. Sekarang Hongaria dan bisa jadi negara anggota lainnya masa mendatang,” kata Mogherini setelah pertemuan informal dua hari menteri luar negeri Uni Eropa.

“Turki adalah negara yang telah menerima paling banyak pengungsi di dunia, jadi kami tidak perlu memberikan pelajaran ke Turki,” kata Asselborn.

Tentang pengungsi, ia mengatakan bahwa dari 300.000 jiwa, 46% berasal dari Suriah dan 12% warga Afghanistan, yang datang ke Eropa sejak Januari 2015.

Sebelumnya pada hari Kamis, Sinirlioglu telah meminta Uni Eropa untuk bekerja sama untuk mengatasi krisis pengungsi melanda benua.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

“Luksemburg, sebagai presiden masa Uni Eropa, memiliki tanggung jawab penting pada saat ini. Ada tantangan besar dengan masalah migrasi, yang juga merupakan tantangan besar bagi Turki,” kata Sinirlioglu.

Sinirlioglu tiba di Luxembourg pada hari Jumat untuk menghadiri pertemuan informal para menteri luar negeri, dengan agenda krisis pengungsi yang tinggi.

Pertemuan itu terjadi setelah 12 pengungsi Suriah, termasuk delapan anak, tenggelam di lepas pantai Turki Rabu pagi lalu, setelah kapal mereka dalam perjalanan ke pulau-pulau Yunani tenggelam di Laut Aegean.

Eropa sedang menghadapi krisis pengungsi terbesar dalam beberapa dekade, dengan ribuan pencari suaka dari negara-negara Afrika dan Timur Tengah yang berusaha untuk mencapai Eropa Barat. (T/P005/P4)

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0