Menolak Hapus Konten Palsu, Wikipedia Diblokir di Turki

Jakarta, 2 Sya’ban 1438/29 April 2017 (MINA) – Akses ke ensiklopedia online Wikipedia telah diblokir di pada Sabtu (29/4) setelah situs tersebut menolak bekerja sama dengan pemerintah Turki untuk menghapus konten palsu mengenai hubungan teror negara tersebut.

Menurut sumber resmi, badan pengawas Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTK) memblokir situs tersebut setelah mereka tidak menanggapi peringatan pemerintah mengenai informasi palsu yang bertujuan untuk menunjukkan Turki bekerja sama dengan beberapa kelompok teror.

Kementerian Transportasi, Kelautan dan Komunikasi mengatakan pada hari yang sama situs tersebut diblokir karena “menjadi sumber informasi yang bertindak melakukan kampanye kotor melawan Turki di arena internasional.”

Para pejabat telah memperingatkan Wikipedia untuk menghapus konten yang menyamakan Turki dengan kelompok teror namun situs tersebut “terus-menerus” tidak melakukannya, tulis media Turki Daily Sabah.

Turki juga meminta Wikipedia yang membuka agen perwakilan di negara tersebut, mematuhi undang-undang internasional, membayar pajak seperti perusahaan lain yang beroperasi di negara ini.

Pemerintah Turki mengatakan akan membatalkan pemblokiran jika tuntutan mereka dipenuhi oleh situs itu.(T/RE1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.