Menperin: Perluas Pasar IKM Melalui E-Commerce

Jakarta, 7 Jumadil Awwal 1438/5 Februari 2017 (MINA) – Menteri Perindustrian () Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan () Enggartiasto Lukita meninjau sejumlah stand di Pameran Industri Kecil dan Menengah (IKM), pada hari Ahad di Jakarta.

“Kami sebagai pembina industri termasuk pembina pelaku IKM, bertugas untuk mendorong mereka masuk akses pasar digital . Apalagi, kami telah memiliki sarana e-smart IKM,” kata Airlangga pada peninjauan itu, sebagaimana keterangan pers InfoPublik.

Menperin menekankan pentingnya penguatan branding produk industri dalam negeri, terutama di tengah pemberlakuan pasar bebas seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Menghadapi MEA saat ini, kami juga mendorong pelaku industri nasional untuk menguatkan branding­ produknya. Hal ini menjadi penting guna meningkatkan daya saing,” ujarnya.

Ia mengaku optimistis, industri dalam negeri akan mampu memenangi dan melengkapi pasar MEA karena populasi ASEAN serta ekonominya didominasi oleh Indonesia.

“Kita menyumbang 40 persen dalam populasi dan 35 persen dalam kontribusinya terhadap ekonomi. Sehingga jika dilihat dari populasi dan PDB, kita sudah menang,” tegasnya.

Airlangga meminta kepada pelaku industri nasional agar terus berinovasi membuat desain dan kemasan yang lebih menarik serta mengikuti selera pasar saat ini sehingga mendongkrak nilai jual pada produk tersebut.

Diharapkan juga, penguatan merek produk industri dalam negeri dapat mencerminkan tentang identitas nasional. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling kaya di dunia dalam keanekaragaman hayati dan kebudayaan.

“Untuk melestarikan produk berbasis kearifan lokal karena dapat menjadi perekat bangsa,” ungkapnya. (T/R01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.