Menpora Harapkan Santripreneur Expo Lahirkan Santri yang Mampu Berwirausaha

Surabaya, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) hari Ahad (24/11)  mengunjungi Santriprenuer dalam rangka tasyakuran Hari Pahlawan tahun 2019 di Halaman Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya, Jawa Timur.

Ia berharap kegiatan ini melahirkan entrepreneur yang berbasis santri dan mendorong agar santri juga bisa berwirausaha, dengan demikian akan terbuka lapangan pekerjaan dan membantu program pemerintah.

Menpora didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni’am Sholeh dan Rektor Uinsa Masdar Hilmy. .

Ada setidaknya 99 stand pada Expo ini. Beberapa stand di antaranya terlaksana atas kerjasama antara Kemenpora, Uinsa dan Lentera Muda, yang berkaitan dalam bidang pertanian dan kelautan, industri pangan dan kuliner, teknopreneur perdagangan dan jasa, industri kreatif serta sosiopreneur. Demikian keterangan tertulis yang dikutip MINA, Senin (25/11).

Tema Expo ini yakni Mewujudkan Wirausahawan Santri di Era Ekonomi Global & Digital.

“Kemenpora sangat konsen dalam hal terbukanya lapangan pekerjaan terlebih kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama perguruan tinggi, ke depan kegiatan serupa akan diperluas skalanya pelibatan peserta juga akan semakin banyak dan semoga diikuti perguruan tinggi lainnya,” kata Menpora.

“Saat ini pemerintah mendorong dan mencari program prioritas Presiden untuk pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia, dari perguruan tinggi akan lahir SDM-SDM yang mandiri, tangguh, inovatif dan berdaya saing,” tambahnya.

Kegiatan expo ini dinilai Menpora sebagai bentuk nyata untuk menuju cita-cita yang searah dengan pengembangan SDM. Ia menambahkan kegiatan ini harus ada dukungan sinergitas dengan pihak lain.

“Harus ada bentuk sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, membangun bangsa harus bersama-sama tidak bisa merasa bisa sendirian,” tegas Menpora yang hobi golf ini. (R/LM/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)