Menristek Harapkan Metode Pembelajaran STEAM Dapat Persiapkan SDM Unggul

Jakarta, MINA – Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengharapkan, metode pembelajaran STEAM dapat mempersiapkan para siswa sebagai SDM unggul untuk lapangan pekerjaan di masa depan.

Hal itu disampaikannya saat acara peresmian Gedung Science, Technology, Engineering, Art, and Mathmatics (STEAM) di Jakarta Intercultural School (JIS), Jakarta Selatan, pada Jumat (17/1), demikian keterangan tertulis yang diterima MINA.

Ia mengatakan, akan ada pekerjaan yang hilang saat para siswa STEAM nanti bekerja, namun ada juga pekerjaan baru yang muncul, salah satunya adalah pilot atau pengendali drone dari jarak jauh.

“Selain menjadi pilot drone, para siswa nanti juga diperkirakan bisa menjadi pembuat konten untuk realitas virtual,” katanya.

“Untuk bisa menjadi content creator virtual reality yang baik, kalian tidak bisa hanya menjadi ahli matematika, fisikawan, ahli kimia, Anda juga perlu kreatif, perlu mengerti apa yang orang-orang mau, serta selalu mencermati teknologi yang berkembang,” lanjutnya.

Menurutnya, penting adanya unsur seni dan kreativitas dalam proses belajar berbasis STEAM.

Di sisi lain, Bambang berharap agar Sekolah Negeri dan Swasta di Indonesia juga membuat konsep pengajaran STEAM, di mana terdapat satu ruangan interaktif yang dapat menunjukkan kemajuan teknologi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, siswa-siswi juga dapat membedah purnarupa teknologi dari berbagai jenis bidang STEAM, yaitu “Sains, teknologi, engineering, seni dan matematika”.

“Selanjutnya siswa-siswi diminta membuat kembali atau menciptakan teknologi tersebut berdasarkan kreativitasnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Poppy Dewi Puspitawati, Head of Jakarta Intercultural School (JIS) Tarek Razik, JIS Middle School Principal Christophe Henry, dan para guru serta siswa menengah JIS. (R/Nz/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.