Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Pertahanan Israel Serukan “Konsesi Menyakitkan” untuk Bebaskan Sandera

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - 10 detik yang lalu

10 detik yang lalu

0 Views

Para pengunjuk rasa menyerbu pertemuan Komite Keuangan Knesset untuk menyerukan tindakan pemerintah untuk membebaskan kerabat mereka yang disandera Hamas di Gaza, 22 Januari 2024. (Oren Ben Hakoon/Flash90)

Tel Aviv, MINA – Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyerukan “konsesi yang menyakitkan” untuk membebaskan sandera yang ditawan di Jalur Gaza.

“Tidak semua tujuan dapat dicapai melalui cara militer saja. Kekuatan bukanlah jawaban untuk segalanya,” kata Gallant pada hari peringatan yang diadakan untuk mereka yang tewas dalam serangan Hamas tahun lalu, Anadolu Agency melaporkan, Ahad (27/10).

“Ketika harus memenuhi tugas etis kita untuk membawa pulang sandera, konsesi yang menyakitkan akan diperlukan,” tambahnya.

Menteri Pertahanan mengakui perang Gaza yang sedang berlangsung “rumit dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam tantangannya.”

Baca Juga: Netanyahu Kembali Tolak Inisiatif Gencatan Senjata dengan Hamas

“Tahun ini, kami menyerang musuh dan menciptakan realitas keamanan baru di sekitar kita, tetapi biayanya sangat tinggi,” katanya, mengklaim bahwa Israel telah mencapai “kemenangan yang belum pernah terjadi sebelumnya” di semua lini.

“Di selatan, Hamas tidak lagi beroperasi sebagai entitas militer. Di wilayah utara, Hezbollah terus mengalami serangkaian pukulan, dengan struktur kepemimpinannya hancur, sebagian besar kekuatan misilnya hancur dan pasukannya terusir dari perbatasan,” ujar Gallant.

Pernyataan Gallant muncul saat negosiator Israel bersiap untuk melanjutkan negosiasi di Qatar untuk kemungkinan kesepakatan pertukaran sandera dengan Hamas.

Israel memperkirakan sekitar 101 tawanan masih ditahan oleh kelompok Hamas di Gaza, beberapa di antaranya diyakini telah terbunuh oleh serangan udara Israel yang terus-menerus dan membabi buta di wilayah kantong itu.

Baca Juga: RS Indonesia Rumah Kami, akan Kulindungi Hingga Akhir…

Upaya mediasi yang dipimpin oleh AS, Mesir, dan Qatar untuk mencapai gencatan senjata dan perjanjian pertukaran tahanan telah gagal karena Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak untuk mengakhiri perang.

Tentara Israel telah melanjutkan serangan yang menghancurkan di Jalur Gaza sejak serangan Hamas tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Hampir 43.000 orang telah tewas sejak saat itu, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 100.000 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah membuat hampir seluruh penduduk wilayah itu mengungsi di tengah blokade yang terus berlanjut yang menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Baca Juga: Kemarin, Rabi Yahudi dan Lima Tentara Israel Tewas

Israel juga menghadapi kasus genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Mesir Usulkan Gencatan Senjata Sementara di Gaza untuk Pertukaran Sandera

Rekomendasi untuk Anda