Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mesir, Turki Agendakan Pertemuan Bahas Isu Bilateral dan Regional

Ali Farkhan Tsani - Rabu, 1 September 2021 - 14:30 WIB

Rabu, 1 September 2021 - 14:30 WIB

7 Views

Ankara, MINA – Pejabat senior Mesir dijadwalkan berkunjung ke Ankara untuk pertemuan membahas isu-isu bilateral dan regional putaran kedua pekan depan.

Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan, Wakil Menteri Luar Negeri Mesir Hamdi Loza akan berada di Ankara pada 7-8 September dan akan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Sedat Onal. Hurriyet Daily melaporkan, Selasa (31/8).

Sebelumnya putaran pertama pembicaraan telah berlangsung di Kairo pada 5 dan 6 Mei dan digambarkan sebagai positif dalam mempererat hubungan kedua negara.

Hubungan Mesir dan Turki menegang sejak kudeta militer yang dilakukan Abdel-Fattah el-Sisi menggulingkan Presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis Mohamed Morsi pada pertengahan 2013.

Baca Juga: Israel Serang Kamp Pengungsi Tulkarm, 18 Warga Palestina Syahid

Turki mengecam keras kudeta tersebut dan mengecam Sisi, yang kemudian menjadi Presiden Mesir.

Kairo mengusir duta besar Turki, sementara Ankara menurunkan hubungan dalam langkah saling balas, yang semakin memperburuk hubungan.

Kedua negara juga berdebat tentang berbagai masalah lain, termasuk perang di Libya, di mana mereka mendukung pihak-pihak yang bersaing dan sengketa maritim di Mediterania timur.

Upaya normalisasi hubungan kedua negara dimulai tahun lalu melalui dialog yang dilakukan oleh dinas intelijen masing-masing negara. (T/RS2/P1)

Baca Juga: Survei: 35 Persen Pemukim Ingin Tinggalkan Wilayah Pendudukan Israel

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Breaking News