Mourinho Jadi Manajer Ketiga Korban Pemecatan MU

Manchester, MINA – Jose , Selasa (18/12), menjadi manajer ketiga yang dipecat oleh managemen Manchester United (MU) lantaran gagal mempersembahkan kesuksesan seperti yang diraih pelatih legendaris MU Sir Alex Ferguson.

David Moyes, Louis van Gaal, dan kini Mourinho jadi sederet pelatih yang berakhir tanpa daya. Man United masih belum bisa mencari pengganti Ferguson yang memilih pensiun di akhir musim 2012/13.

Manajemen MU sempat membuat keputusan mengejutkan dengan menunjuk Moyes sesaat setelah Fergie, panggilan Alex Ferguson memutuskan pensiun dari kursi pelatih di Old Trafford.

Sempat bersinar saat memimpin Everton, namun Moyes akhirnya resmi dipecat MU pada 22 April 2014, setelah 10 bulan setelah menggantikan legenda Old Trafford,Sir Alex. Pria asal Skotlandia itu didepak setelah MU kalah 0-2 dari mantan klubnya, Everton.

Pihak klub sempat menunjuk Ryan Giggs yang pernah jadi kapten MU sebagai pelatih sementara hingga akhir musim sebelum akhirnya merekrut pelatih asal Belanda, Louis van Gaal, padaJuli 2014.

Mantan pelatih timnas Belanda itu pun hanya mampu bertahan selama dua musim sebelum akhirnya dipecat pada Mei 2016. Bedanya, Van Gaal diputus kontrak diakhir musim atau setelah mempersembahkan gelar Piala FA untuk MU.

Berikuitnya, Mei 2017, MU mengontrak Jose Mourinho sebagai manajer baru dengan durasi selama tiga tahun. Manajer asal Portugal itu sukses mempersembahkan tiga gelar di musim pertamanya termasuk Liga Europa dan Piala Liga Inggris 2016/2017.

Di musim keduanya (2017/18), Mourinho malah gagal meraih gelar. Performa negatif Mou bersama Man United berlanjut di awal musim 2018/19.

Puncaknya, Paul Pogba dan kawan-kawan tercecer di peringkat keenam hingga pekan 17 Liga Inggris atau terpaut 19 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen. Liverpool mengalahkan MU 1-3 dua hari lalu menjadi puncak kekecewaan pada pelatih yang senang disebut The Special One itu.

Meskipun sederet prestasi Mourinho, termasuk tiga trofi Liga Champions di club-club yang sebelumnya ia latih, namun semua itu tak bisa ia tularkan ketika melatih Manchester United. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.