Muhammadiyah : KUR Bisa Gerakkan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Foto : Bisnisusaha.info
Foto : Bisnisusaha.info

Jakarta, 20 Rabi’ul Akhir 1437/30 Januari 2016 (MINA) – Sekretaris umum Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP , Azrul Tanjung mengatakan, program Kredit Usaha Rakyat (KUR), dipandang sangat relevan terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat.

Oleh sebab itu, katanya, agar KUR bisa berjalan dengan benar dan tidak mengalami penyimpangan, maka KUR perlu diawasi dan selalu dievaluasi penyalurannya.

“Dengan  adanya KUR mendorong kemudahan masyarakat dalam berakses keuangan,” kata  Azrul Tanjung dalam siaran pers yang diterima  Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu (30/1).

 Azrul Tanjung  menilai program KUR  merupakan kebijakan program  pemerintah yang tepat dalam mendorong stimulus ekonomi.

“Program KUR sudah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya, tapi menurut penilaiannya belum maksimal. Terbukti, banyak masyarakat yang hingga saat ini belum banyak mengakses KUR tersebut,” tambahnya.

Ia menyebutkan, dalam kajian MEK, banyak faktor yang menyebabkan KUR tidak banyak terserap secara komperehensif di masyarakat diantaranya adalah sosialisasi, regulasi KUR dan kesadaran masyarakat yang minim terhadap menggerakkan sektor riil dengan KUR.

Terkait dengan hal itu, pihaknya mengajak kepada pemerintah untuk bersama-sama dalam mengembangkan penyaluran KUR.

“Muhammadiyah dengan segala infrastrukturnya yang ada selama ini bisa diajak bermitra oleh pemerintah dalam penyaluran KUR,” ujar Azrul.

Dikatakan, potensi KUR untuk warga Muhammadiyah sangat besar apalagi saat ini Muhammadiyah telah membangun Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) dari ranting hingga pusat yang tersebar dari semua provinsi. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.